Rabu, 05 November 2014

Tips Memilih Tempat Penitipan Hewan

Memelihara binatang kesayangan tentu saja membutuhkan perhatian yang lebih. Selain itu, tidak setiap waktu kita berada di rumah untuk mengurusnya. Ada saat dimana kita tidak bisa merawatnya karena suatu keperluan. Misalnya saja ketika bepergian keluar kota untuk beberapa hari lamanya, atau ada sebab lainnya. Biasanya pada saat Hari Raya tertentu sehingga terpaksa pergi ke luar kota tanpa bisa membawa hewan peliharaan kita.

Oleh sebab itu kita membutuhkan jasa penitipan hewan peliharaan. Pet shop yang cukup banyak bertebaran menyediakan jasa penitipan hewan peliharaan ini. Banyaknya pilihan terkadang membuat kita agak kebingungan memilihnya. Apalagi bagi yang belum pernah menitipkan hewan peliharaan sebelumnya. 

Saya beberapa waktu lalu mengalami peristiwa yang tidak mengenakkan mengenai penitipan hewan ini. Saya dan suami dititipi kucing Persia jenis Himalayan berwarna putih oleh seorang saudara. Karena di rumah sudah ada kucing juga, maka saya menitipkan di Pet Shop. Pet Shop ini pernah  saya pakai untuk menitipkan kucing saya. Alangkah kagetnya ketika kucing hendak kami ambil, kucing itu sudah tidak bergerak dan ternyata sudah mati. Oleh pemilik Pet Shop maka kucing tersebut memang diganti dengan kucing serupa itu walau masih agak kecil. Ini membuat saya ekstra hati - hati untuk menitipkan kucing saya selanjutnya.

Tips Memilih Tempat Penitipan Hewan

Nah berikut Tips Memilih Tempat Penitipan Hewan Peliharaan :

  • Perhatikan kebersihan 
Kebersihan Pet Shop yang juga menyediakan jasa penitipan hewan harus sangat kita perhatikan. Tempat yang bersih tentu saja berpengaruh pada kesehatan hewan yang kita titipkan nantinya. Apakah lantainya terbuat dari bahan yang bagus, apakah kandang yang tersedia juga cukup luas dan banyak pilihannya serta bersih, bagaimana pula dengan tempat makan dan minumnya. Perhatikan dengan benar- benar sebelum kita menyerahkan binatang kesayangan di tempat tersebut.
  •  Fasilitas yang tersedia
Perhatikan juga falisitas yang ada di tempat tersebut. Apakah ada dokter hewan yang siap menangani jika sewaktu - waktu terjadi sesuatu pada hewan yang kita titipkan. Walaupun biasanya di Pet Shop juga dikelola oleh seorang dokter hewan, atau setidaknya bekerjasama dengan seorang dokter hewan. Selain itu perhatikan juga fasilitas lain, semisal apakah tempat itu menyediakan AC  atau hanya kipas angin biasa, karena tentu saja ini juga berpengaruh pada hewan yang kita titipkan. Selain itu apakah juga tersedia obat -obatan bagi hewan apabila nanti hewan kita jatuh sakit dan lain sebagainya.
  • Hewan apa saja yang dititipkan 
Selanjutnya lihat pula hewan apa saja yang dititipkan di tempat itu. Saat saya menitipkan di Pet Shop saat itu memang ada binatang selain kucing, ada anjing juga. Meskipun tempat yang disediakan cukup luas, dan saya lihat banyak kucing yang dititipkan di situ tetapi saya sempat melupakan faktor kebersihan di poin pertama itu. Selain itu pernah saya menitipkan kucing saya di sebuah Pet Shop yang cukup bagus tetapi sayangnya di tempat itu juga merupakan tempat perawatan beberapa kucing yang sakit, ini juga perlu di pertimbangkan lagi. Bagaimanapun sehatnya hewan peliharaan kita, apabila nanti di tempatkan bersama dengan hewan yang sakit maka kemungkinan besar bisa tertular.
  •  Penitipan Hewan atau Penjual Makanan Hewan
Pet Shop tentu saja juga menyediakan berbagai makanan dan kebutuhan hewan peliharaan. Tetapi ketika kita hendak menitipkan hewan peliharaan kita, kita perlu melihat lagi, apakah tempat tersebut lebih fokus pada penjual makanan dan kebutuhan hewan peliharaan ataukah lebih kepada perawatan hewannya. Kebetulan tempat saya menitipkan kucing itu juga merupakan suplier makanan hewan peliharaan dan keperluan lainnya sehingga saya melihat dia lebih fokus pada penjualan barang tersebut dari pada ke pemeliharaannya. Pertimbangkan lagi untuk menitipkan hewan peliharaan kalian di tempat seperti itu. Di Pet Shop yang lainnya menjual makanan hewan dan keperluan lain tetapi lebih fokus pada pemeliharaan, baik itu cek kesehatan, vaksin, grooming, dan lainnya.
  • Perhatikan harga
Semula saya mencari tempat penitipan yang cukup murah perharinya karena kucing saya akan cukup lama saya titipkan. Harga penitipan hewan terkadang ada yang murah dan ada yang sedikit lebih mahal. Jangan mengorbankan hewan kesayangan hanya demi harga yang sedikit saja lebih murah. Pet Shop langganan saya yang sekarang memang agak lebih mahal tetapi dalam perawatan/ pelayanan yang diberikan cukup memuaskan. Tempatnya pun ber AC dan sangat bersih, meskipun tempat itu tidak besar / luas. Selain itu tidak banyak hewan yang dititipkan sehingga kucing saya juga lebih dapat diperhatikan.
  • Dekat atau jauh
Tempat penitipan yang cukup dekat dari rumah kita memungkinkan kita untuk lebih mudah pada saat mengecek kondisi hewan peliharaan kita. Tempat yang jauh bisa kita pertimbangkan jika kita melihat tempat penitipan tersebut memang cukup bagus.
  • Rekomendasi
Jika kalian memiliki teman yang juga memelihara binatang atau hewan kesayangan, tidak ada salahnya sesekali bertanya pendapat mereka. Jangan sungkan meminta sarannya tentang tempat penitipan yang bagus.
  • Sidak
Sesekali jika kita merasa belum yakin, lakukan saja inspeksi mendadak sehingga kita tahu benar kondisi hewan yang kita titipkan di sana. Hal ini juga pernah saya lakukan, dan benar saja dia dalam perawatan yang baik dari Pet Shop itu.
  • Kebiasaan 
Jangan lupa ceritakan juga kebiasaan hewan peliharaan kita pada pemilik tempat penitipan. Apa makanan yang biasa kita berikan, apakah dia lebih suka dikandang atau dilepas begitu saja, apakah sering minum banyak dan lain sebagainya. Informasi ini penting agar pemilik tempat penitipan akan merawat dan memperlakukan hewan kesayangn kita dengan baik.

Demikian tips ringan ini semoga bermanfaat. 

9 komentar:

  1. walahh, ternyata ada ya penitipan hewan begini. iya sih, saya pernah liat di kedunghalang-bogor. ribet amat ya Mbak. makanya saya nggak punya ingon-ingon deh. wong nyamuk aja banyak di sekitar saya

    BalasHapus
  2. emang berkisar berapa ya Mbak ongkosnya?

    BalasHapus
  3. Pak Zach : ada pak Zach, biar ribet kalau suka jadi biasa pak. lha kok piara nyamuk to pak, bahaya loh ya.

    Kalau penitipan beda-beda sih pak tergantung tempat penitipannya juga. kalau di dekat rumah saya berkisar 15-25 ribu per hari. Diluar makanannya dll.

    BalasHapus
  4. Kunjungan perdana nyimak aja yaa mbak, besok saya mampir lagi

    BalasHapus
  5. Imron Rosadi : silahkan, monggo saja

    BalasHapus
  6. Ya, Alloh. Kasihan kucingnya...

    BalasHapus
  7. wahh kerenn nih mbak tips memilih tempat penitipan hewannya tapi kira" mahal gak yah ? :D

    BalasHapus
  8. wah tips-tipsnya mayan banyak juga ya mbak pastinya bermanfaat nie
    makasi atas share infonya :)

    BalasHapus
  9. Uyo Yahya : iya kasihan banget, terimakasih sudah berkunjung di sini

    Ainnul Yaqin : enggak begitu mahal kok, rata- rata hampir sama paling selisih sedikit saja tetapi harus benar- benar selektif :)

    Marner Kliker : semoga bermanfaat saja mas :)

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu di sini.