Minggu, 29 September 2013

CARA MEMANJAKAN KUCING

CARA MEMANJAKAN KUCING ANDA

Sekilas Tentang Kucing

Kucing adalah binatang kesayangan Nabi Muhammad S.a.w. Kucing juga merupakan binatang rumahan yang hampir disukai oleh banyak orang tak terkecuali saya sendiri. Binatang yang manja ini sangat menggemaskan dan lucu membuat orang akan suka untuk menyentuhnya. Saya dari kecil sudah memelihara kucing hingga saya besar silih berganti kucing ikut menjadi bagian hidup saya dan keluarga. Tetapi setelah belasan tahun memeliharanya ketika saya menikah justru saya belum memelihara lagi. Bahkan kucing ada dirumah atau dipelihara di rumah hanya ketika saya tinggal masih dengan orang tua saya, kini setelah saya tinggal berpisah dengan orang tua rumah saya di kampung sana sudah tidak memelihara kucing lagi. Entah sudah berapa kali saya hanya berucap pengin memelihara kucing lagi kepada suami tetapi karena sesuatu hal selalu saja niat itu saya urungkan. Untuk mengatasi kerinduan pada sosok kucing seringnya saya melihat lihat di pameran kucing termasuk foto kucing kucing ini juga dari Jogja Cat Show beberapa tahun yang lalu.


CARA MEMANJAKAN KUCING ANDA

Beberapa Cara Memanjakan Kucing

Disini saya hanya akan berbagi beberapa hal yang di sukai kucing berdasarkan pengalaman pribadi saja, bukan dari saran para ahli ya. Setelah memelihara kucing selama itu perilaku kucing sudah sangat akrab di mata saya. Bahkan saya selalu nangis kalau kucing kucing saya mati dan tentu menguburkannya bukan membuangnya begitu saja. Kucing saya pun silih berganti bukan hanya mati karena memakan binatang atau tikus yang beracun tetapi juga karena mereka menjadi kucing liar. Pernah suatu ketika saya memelihara kucing jantan, ketika dia sudah dewasa lama kelamaan dia suka pergi selama beberapa hari tidak kembali padahal saya selalu memberinya makan. Hingga suatu ketika saya melihatnya di jalan yang sangat jauh dari rumah dan dia tampak tak mengenali saya, dan pada akhirnya dia sudah tidak kembali lagi kerumah saya atau menjadi kucing liar. Berbeda jika anda memelihara kucing betina yang ada akan beranak pinak terus dan otomatis semakin bertambah jumlah kucing di rumah. 



Dari pada melantur ini dia beberapa periku yang sangat disukai kucing kamu :
  • Jika kucing kamu lapar biasanya dia akan bermanja manja di kaki mengikuti kemanapun kamu melangkah, makanan kesukaannya tentu saja sesuatu yang berbau amis seperti ikan ataupun makanan kering yang banyak tersedia di pet shop saat ini.
  • Jika kamu takut pada kucing dan takut digigit jika menyentuhnya maka peganglah di bagian bawah kepalanya atau di bawah rahangnya, kucing sangat menyukainya usapan tangan kamu karena menurut saya kucing susah untuk menjangkau daerah ini.
  • Selain di bawah kepalanya kucing juga menyukai jika kamu menyentuh bagian atas kepala diantara kedua telinganya, kenapa ? lagi lagi menurut saya kucing juga susah untuk menyentuh daerah ini.
  • Jangan menyentuh bagian belakang atau dekat ekor atau bagian perut karena biasanya jika bukan pemiliknya maka kucing akan menangkap tangan kamu dan menggigitnya.
  • Kucing juga menyukai rerumputan mungkin untuk mengatasi pencernaannya, saya suka melihat kucing saya memakan rumput berdaun lancip memanjang yang tingginya kurang lebih 10 cm saja kami menyebutnya rumput "teki" sayangnya saya tidak memfoto rumput itu.
  • Selain rumput "teki" itu kucing juga menyukai akar tanaman "kucing kucingan" atau "anting anting" begitu yang saya tahu namanya karena saya biasanya hanya mencari saja di kebun tanpa tahu itu namanya apa. Daun tumbuhan ini bulat tingginya bisa lebih dari 30 cm dengan bunga bunga hijau dibawah daunnya. Biasanya kucing akan menggigit gigit akar dari tanaman ini. Ternyata tanaman ini juga memiliki fungsi untuk mengatasi masalah pencernaan seperti diare, subkhanallah ya kucing saja tahu tanaman obat makanya dia bisa makan sembarang makanan.
  • Kucing juga sangat suka bermain, saya biasa bermain dengan kucing saya dengan sesuatu yang bisa di gerak gerakkan seperti lidi atau kemoceng dia akan mengejarnya, saya juga heran kucing saya juga suka memainkan binatang yang ditangkapnya seperti tikus atau belalang sebelum dia digigit olehnya. 
  • Kucing sangat suka jika kamu membelai atau mengusap bulunya, jika kamu adalah pemiliknya dia hanya akan berpura pura saja menggigit gigit tangan atau kaki kamu tanpa membuat tangan atau kaki kamu terluka.
  • Kucing suka mengasah cakarnya, mungkin karena cakar atau kuku ini tumbuh dan berganti seperti kuku kita jadi dia suka mencakar cakar kayu atau bahkan kursi dan pintu rumah. Atau jika tidak sediakan saja kain yang agak kasar berambut yang akan digunakan kucing untuk mengasah kukunya itu.
  • Cara memanjakan kucing yang lain (jika kucing anda kucing lokal ya bukan kucing impor yang berbulu panjang ya) adalah dengan menyediakan pasir, entah kenapa kucing saya menyukainya untuk berguling guling terutama jika dibawah terik matahari dia betah banget tiduran disitu. Bukan hanya tempat untuk pub ya hehe.
  • Kucing sebenarnya binatang yang tidak suka dikandang jadi biarkan saja kucing kamu berkeliaran kemana dia suka, karena dia suka bereksplorasi dengan memanjat manjat hingga keatas genteng rumah.
Demikian hanya beberapa hal saja yang saya ingat dari kucing kucing saya dulu, kalau kamu suka kucing dan memeliharanya pasti kamu juga tahu apa saja yang disukainya.



9 komentar:

  1. gak tau kenpa saya takut banget sama kucing, padahal kalo liat di poto, kucing itu imut banget

    BalasHapus
  2. Vina devina >> takut ya dengan kucing, kalau saya sukaa banget sama kucing, yang nakutin apanya sih mba?? kan lucu imut gemesin

    BalasHapus
  3. aku ga punya binatang piaraan
    anak anak seneng banget binatang tapi keterlaluan. kalo pas pulang kampung, kelinci ayam anak mbek sampe dibawa ke kamar...

    BalasHapus
  4. mas Rawins>> pelihara ikan di akuarium aja mas, gak repot gak ngurusin kandang juga, anak anak juga suka pasti

    BalasHapus
  5. bang,kucing saya dikandang sama ibu saya,cuma kasian pengen saya lepas ttp diomelin am ema takut ee di mana2,cara kucing ee di kotak pasir gmn ya???

    BalasHapus
  6. anonim : pertama saya ce bukan bang yaa :D

    kalau kucingnya sudah dibiasakan / dilatih pub/pee di kotak pasirnya maka dengan sendirinya dia akan pub/pee disitu, karena sepanjang yang saya tahu kucing mencari pasir atau tanah atau apasaja yang gembur yang bisa digaruk buat pub/pee

    BalasHapus
  7. Kok kucing saya (jantan) suka menyembunyikan kepalanya di ketiak dan selangkangan saya ya (pake baju) trs kadang suka duduk di pangkuan pas saya duduk bersila Wajar ga ya 😐

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah saya bukan pakar kucing, menurut saya pribadi sih wajar-wajar saja

      Hapus
    2. haha biasa itu mah...si kucing mau manja sama majikan

      Hapus

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu di sini.