Sabtu, 07 Maret 2015

BELAJAR POWER POINT UNTUK PEMULA

Untuk keperluan suatu presentasi, maka kita membutuhkan sebuah program sederhana. Semisal Microsoft Power Point 2007 yang hendak saya bahas ini. Sebenarnya ada program serupa lainnya yang cukup beragam. Tapi kali ini saya hanya menjelaskan sedikit cara sederhana bagi pemula yang hendak menggunakan program ini. Caranya tidak begitu sulit, terlebih dahulu instal program Power Pointnya di komputer kita. 

BELAJAR POWER POINT UNTUK PEMULA

Pertama buka program Power Point (disini saya memakai Power Point 2007), kemudian klik menu New Slide kemudian akan muncul pilihan seperti gambar di atas. Biasanya di slide awal akan memuat Judul / Title presentasi yang akan dibuat beserta Sub Titlenya.

BELAJAR POWER POINT UNTUK PEMULA

Langkah selanjutnya, ambil Slide Baru / New Slide dan mulai ketikkan bahan presentasi anda termasuk jika hendak menyisipkan tabel, grafik, gambar dan lainnya. Caranya cukup mudah tinggal klik salah satu slide yang menyediakan hal tersebut (lihat gambar di atas). Semisal model grafik ada banyak pilihan baik grafik dalam bentuk batang, garis, lingkaran dan lain sebagainya. Setelah kita isi data maka kita bisa memilih warnanya, model batangnya dan lainnya lebih detail lagi sesuai dengan yang kita kehendaki. Sedangkan untuk model tabel maka tinggal masukkan jumlah kolom dan barisnya dari data yang hendak kita buat. Kemudian otomatis akan muncul program excel sebagai penyedia data yang hendak kita input.

BELAJAR POWER POINT UNTUK PEMULA

Selanjutnya untuk pengaturan tampilan Power Point yang telah kita buat juga bisa kita pilih bentuknya dari menu Design. Di sini bisa kita pilih tema dari lembar presentasi kita dalam berbagai model sebagai contoh tema kantor, tema kertas, tema opulent, modul, metro dan lainnya. Sebagai contoh gambar di atas memakai tema kertas.

BELAJAR POWER POINT UNTUK PEMULA

Untuk sentuhan terakhir jika ingin melihat tampilan ketika presentasi kita bisa melihatnya lewat menu Slide Show. Sebelumnya kita bisa mengedit dan memilih sendiri bagaimana nantinya tampilan setiap lembar slide yang kita presentasikan tersebut lewat menu Animation. Dari menu ini bisa memilih bagaimana setiap lembaran slide kita muncul, apakah dari samping kanan ke kiri, apakah bentuk lainnya. Ada lima pilihan model yaitu Fades and dissolves, Wipes, Push and cover, Stripes and bar, Random / acak gabungan beberapa model tersebut.

Demikian semoga bermanfaat sobat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu di sini.