Selasa, 24 Juni 2014

SAYA SUKA MIE

SAYA SUKA MIE
Mi buatanku
Sebenarnya sudah lama mau nulis soal ini, tetapi selalu saja tertunda oleh sesuatu. Seringnya dan banyaknya karena gak yakin mau nulis. Kalau saya nunggu ditanya orang "apa sih yang ibu ini suka?" atau "apa sih makanan favorit kamu" sepertinya harus nunggu sampai lumutan hehe. Jadi buat apa nunggu orang mempertanyakan itu, buang jauh-jauh deh khayalannya. 

Dari dulu entah mulai kapan pastinya saya lupa, saya mulai suka dengan segala masakan berbahan mie. Mie atau Mi setahu saya terbuat dari terigu yang dicampur bahan lain seperti telur dan sisanya saya belum mencari tahu karena seringnya mi tersedia sudah jadi seperti itu. Di sini saya contohkan beberapa makanan berbahan Mie ini, sebenarnya bukan hanya Mie sih bisa juga pasta atau spaghetti. Walaupun di kampung saya sana Mie ini bisa berasal dari berbagai tepung tidak melulu gandum. Kalau kamu pernah main ke daerah Yogyakarta bagian barat daerah Bantul pasti tahu Mie Lethek. Mie ini dari penampakannya memang 'lethek' atau kurang bersih dan gak putih gitu tetapi rasanya saya rasa bisa diadu (eh kayak main jangkrik saja).
SAYA SUKA MIE
Pasta
Daftar masakannya seperti ini contohnya :
  • Mie Ayam, mie ini sudah lazim ada dimana-mana mau dijajakan di pinggir jalan dengan gerobak ataupun di kedai atau di warung hingga di restoran mewah sekalipun saya kira masih ada. Berupa mie gandum berkuah dengan sayur biasanya caisim dan potongan olahan daging ayam bersama pangsit.
  • Mie Godog Jawa, saya suka juga masakan satu ini, menemukannya sangat mudah anda bisa menemukannya berjajar setiap sore di sepanjang jalan di Yogyakarta. Hampir sama dengan mie ayam, mie satu ini juga mie berkuah dengan perlengkapannya yang biasanya membedakan adalah adanya telor, ayam suwir yang di campur rata tak lupa kerupuk dan bawang goreng ditabur di atasnya.
  • Lumpia isi Mie, lumpia semacam ini sebenarnya kata suami banyak tersedia di Jakarta, tetapi saya pernah nemuin di Yogya sini isinya semacam bihun gitu. Menurut saya juga kalau bihun bagi saya bisa disebut mie.
  • Bakso, makanan satu ini tentu jika lengkap juga berbahan mie, bisa mie kuning atau putih atau perpaduan keduanya lengkap dengan bahan pelengkapnya.
  • Mie Goreng, mie yang dimasak dengan digoreng berbahan dasar mie putih atau mie kuning, bisa juga kalau berbahan mie gepeng yang biasa disebut kwetiau. Campurannya bisa sayuran, bakso, daging ayam atau daging sapi dll.
  • Spaghetti, bahan spaghetti atau pasta memang lebih tebal dan keras maka cara merebus sebelum dimasak juga membutuhkan waktu yang lebih lama. Selain itu campurannya bisa bermacam - macam seperti mie goreng, atau pastanya biasanya sudah siap saji atau instan. Selain itu bentuk pasta juga sangat bervariasi sehingga tidak membosankan. Tetapi saya lebih menyukai mie asli yang biasa karena teksturnya lebih lembut ketika matang.
Saya kira cukup sekian saja cerita soal mie, semoga bermanfaat. Makanan berbahan mie ini banyak sekali dan belum bisa saya sebutkan semuanya. Mungkin saya ceritakan dilain waktu. Apapun makanan kesukaanmu, yang penting makanlah makanan yang menyehatkan tubuhmu.

7 komentar:

  1. saya juga suka je, Mbak. tak terkecuali mie instant (payah ya).
    tapi kalo spageti, saya nggak bisa makan itu, kayaknya nggak pas aja di lidah (ndeso ya?)

    ehh, mie yang dimasak pake areng, di Yogya namanya apa tu Mbak, enak tenan.

    BalasHapus
  2. kok soto mie nya ndak di review juga mbak
    soale saya paling demen sama kuah, kikil dan risol nya ^^

    BalasHapus
  3. kalo itu namanya mi geseng pak zach..heeee

    BalasHapus
  4. Pak Zach : Lhah sama pak, kalau yang instan cocok pas malas keluar rumah itu, hanya gak boleh keseringan bisa kumat maag saya hehe
    Mi yang pake areng tuh bakmi jawa itu bukan? kalau saya nyebutnya Mi Godog jawa.

    Purnomo Jr : hehe iya pak lupa, sering banget makan itu kok malah lupa hadeh, iya termasuk soto tentunya pak, mi berkuah saya suka semua

    mahbub ikhsan : mi geseng hehe gosong kali pak

    BalasHapus
  5. mmmm nyummy, mie si makanan pavorite saya ni.
    mie kwetiau mantap :)

    BalasHapus
  6. Saya juga suka mie ayam, bakso, atau pada daftar yang ada di atas itu :-).
    Ngomong-ngomong beberapa hari yang lalu ke mana blog ini?

    BalasHapus
  7. Andryatna : sama dong mas, makanan semua umat hehe, terima kasih sudah mampir disini.

    Second mind : Wah sepertinya semua juga suka ya, beberapa waktu yang lalu memang sempat ilang, sekarang sudah kemabali kan, alangkah senangnya saya jika anda memakai nama atau ada url blognya, saya bisa berkunjung balik.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu di sini.