Rabu, 12 Oktober 2016

CARA MUDAH ISI ULANG TINTA CARTRIDGE

Printer menjadi kebutuhan penting saat ini. Terutama yang sedang membutuhkan mencetak tulisan atau laporan. Tidak semua orang juga bisa mengisi tinta ini. Bahkan dulu saya sendiri juga tidak tahu cara mengisinya. Jadi cartridge hanya sekali pakai terus membuangnya. Ternyata selain mudah juga lebih irit tentunya karena harga cartridge yang lumayan mahal juga.


Biasanya untuk kebutuhan cetak sekitar kurang lebih satu rim kertas hvs dalam setiap bulan maka cartrige bertahan selama kurang lebih 3 bulan. Itu jika kebutuhan cetak lumayan banyak dan hanya tinta hitam saja, jika lebih sedikit pernah juga bertahan hingga paling lama 6 bulan. Itu pemakaian cartridge satu warna hitam saja pada satu printer. Mungkin untuk printer yang memakai dua cartridge sekaligus yaitu berwarna dan hitam akan lebih tahan lama lagi karena dibantu cartridge yang berwarna.

CARA MUDAH ISI ULANG TINTA CATRIDGE


Cara isi ulang tinta cartridge cukup mudah. Meskipun begitu ada juga yang belum bisa melakukannya. Untuk yang belum bisa begini cara mudah isi ulang tinta cartridge:
  • Lepaskan cartridge dari printer. 
  • Caranya mudah saja, buka penutup printer di atasnya, bagi yang ada sandarannya tinggal dipasang ganjal atau sandaran penutup hingga menahan penutup printer tetap terbuka selagi mencopot cartridge.
  • Tunggu hingga cartridge berhenti tepat di tengah bagian printer hingga mudah untuk dilepaskan.
  • Setelah terlepas siapkan: kertas tisu secukupnya untuk menahan jika ada tinta yang meluber keluar, juga tentu saja tinta dan alat suntik tintanya.
  • Saya lebih suka menggunakan alat suntik yang lebih kecil karena kalau menggunakan alat suntik yang besar (bawaan dari pembelian tinta dalam botol lebih besar) maka cartridge cepat bocor atau rusak.
  • Bagi cartridge yang masih baru saja dibeli (belum pernah isi ulang) kemudian habis tintanya maka lakukan hal berikut.
  • Lepaskan kertas penutup cartridge (lihat gambar di atas dan di bawah ini).
  • Setelah itu lepaskan kertas hingga kelihatan lingkaran kecil di bagian dalam, cukup sampai di situ saja. 
  • Ambil alat suntik tinta, dan buatlah lubang melalui lingkaran kecil dibagian tengah (sesuai gambar panah) hingga berlubang.
  • Setelah itu isi tinta dengan alat suntik secukupnya, jangan terlalu banyak kira-kira setengah isi alat saja, kemudian suntikkan ke lubang cartridge yang dibuat tadi. Biasanya saya hanya mengisi satu atau dua suntikan untuk jenis cartridge seperti di bawah ini.
  • Jika tinta meluber hingga ke bawah cartridge maka bersihkan dengan kertas tisu. Selama pengisian juga lakukan di atas tisu tadi. Dan hati-hati agar tinta tidak mengenai pakaian atau barang lain di sekitar.
  • Cara membersihkan jangan digosok bagian head cartridge cukup di sentuh pelan dengan kertas tisu saja jangan di gosok karena akan membuat cartridge cepat rusak.
  • Agar cartridge tidak cepat rusak atau bergaris, maka jangan biarkan cartridge benar-benar kosong sama sekali tidak ada tinta. Biasakan mengingat kapan terakhir anda mengisi tinta, agar cartridge tidak kehabisan tinta lagi. 
Demikian cara mudah isi ulang tinta cartridge, semoga bermanfaat.

CARA MUDAH ISI ULANG TINTA CATRIDGE

6 komentar:

  1. kebetulan ini kerjaan saya hampir tiap hari, mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh tiap hari mas, buanyak betul yang di print
      pasti juragan rental atau percetakan ini mas Budy

      Hapus
  2. Cara isi ulang tinta
    Ternyata seperti katamu caranya
    Membuat saya bahagia
    Sebab sungguh berguna..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah mb Anisayu bisa saja berpuisi ria :D
      saya bingung gimana jawabnya

      Hapus
  3. Terkadang kalau saya dikantor hanya bisa melongo aja kalau ada salah satu temen yang ngisi tindanya ini..soalnya takut salah..hhaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau salah nggak papa mas
      namanya juga belajar hehe

      Hapus

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu di sini.