Selasa, 08 Maret 2016

Wisata Laguna Pantai Glagah

Laguna Glagah

Hari libur besok jika tidak ada acara setelah melihat Gerhana Matahari Total bisa juga mampir dolan ke tempat ini. Pantai Glagah di Kulon Progo selain pantainya, juga menawarkan keindahan laguna yang cukup menawan.

Bisa buat mancing, berenang dan naik perahu

Dari kota Jogja tidak begitu jauh, berkendara dengan motor atau mobil paling hanya satu dua jam bahkan bisa kurang. Kalau hobi bersepeda dari arah Brosot melewati jalan lintas selatan atau Jalan Daendels  yang lurus dan cukup sepi tentu jadi menyenangkan. Sembari menikmati persawahan dan sungai di sepanjang jalan, juga perkampungan penduduk yang masih rimbun oleh pohon. Sementara pegunungan Menoreh di kejauhan memanjang tenang dan gunung Merapi juga nampak menjulang.

Laguna ini bisa juga dinikmati keindahannya dengan berkeliling naik kapal seperti gambar di atas. Setiap orang hanya Rp 5.000 saja, tapi syaratnya mesti menunggu penumpang penuh dulu alias bareng-bareng. Kalau mau menyewa sendirian saja bisa harganya berkisar Rp 80.000 per perahu. Warung makan juga ada di dekat Laguna, menu favoritnya ikan laut dan kelapa muda. Selebihnya jika mau pesan makanan lain juga ada. Selain itu banyak juga yang menggelar tikar sambil makan bersama keluarga di tepian laguna yang sejuk oleh rindang pohon cemara udang. Bukan hanya itu, banyak sekali yang memancing ikan di pinggir laguna, ada pula yang menangkap ikan sambil berenang dengan menyewa ban karet karena di pinggir tidak begitu dalam sedangkan yang agak ke tengah paling 2 meteran saja dalamnya. Pas kesana banyak anak muda yang sedang bermain air di laguna, bahkan anak kecil yang naik perahu kayuh mirip bebek.

Berkali-kali ke sana saya memilih spot yang di foto itu karena tidak begitu ramai, nyaman dan cukup bisa menikmati keindahan lagunanya. Kalau terlalu penuh orang saya sendiri juga tidak nyaman, dan tempat yang ini lumayan sepi. Memang agak kebarat sedikit dari lokasi pertama yang cukup ramai pengunjung. Demikian sobat semoga bermanfaat.


2 komentar:

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu di sini.