Sabtu, 03 Oktober 2015

Inside Out Film Untuk Semua Umur

Inside Out Film Untuk Semua Umur
Sumber Google

Film yang saya bahas kali ini lagi-lagi film animasi, yang menurut saya dan beberapa orang yang sudah menontonnya memang bagus. Memang film animasi selalu menarik bagi saya selain film sci-fi tentunya. Selain itu film ini bisa ditonton semua keluarga baik anak ataupun orang tua. Ceritanya juga sangat membantu saya sebagai orang tua untuk memahami bagaimana cara berpikir anak kita dan bagaimana emosi mereka berkembang. Kebetulan anak saya juga seumuran Riley.

Kisah bermula tentang keberadaan seorang bayi mungil bernama Riley, emosi anak ini juga yang nanti menjadi cerita sepanjang film. Digambarkan dengan sangat apik film yang pembuatannya memakan waktu kurang lebih lima tahun ini ternyata sangat bagus dan bisa membantu kita memahami apa emosi yang terjadi pada anak dalam tahap perkembangannya. Lebih jelasnya adalah menjawab pertanyaan, isi kepala seorang manusia itu apa sih? Bagaimana cara kerja otak?

Film kemudian berlanjut dengan melihat apa yang terjadi di kepala Riley yang digambarkan dengan lucu sebagai beberapa tokoh emosi. Joy si kuning bersinar yang mewakili emosi senang atau gembira, Sadness si biru yang mewakili kesedihan, Disgust si hijau centil yang mewakili perasaan jijik, Fear si ungu mewakili ketakutan dan Anger si merah pemarah yang mewakili emosi kemarahan. 

Ingatan Riley menjadi bola-bola ingatan yang berwarna warni sesuai emosi yang dirasakannya. Dan ada juga bola ingatan yang disebut ingatan inti atau core memory yang menjadi ingatan yang super penting yang membentuk pulau-pulau kepribadian Riley. Diantaranya pulau keluarga, kejujuran, hockey, konyol dan persahabatan.

Riley gadis kecil yang berumur 11 tahun akhirnya pindah rumah ke kota lain. Di sini konflik batin mulai terjadi karena jauh dari sahabatnya, dan juga sekolah baru Riley dan rumah barunya itu sendiri.

Nah di film ini dijelaskan bahwa ternyata Joy sebagai emosi awal yang datang mendominasi emosi lainnya, pembawaan Riley kecil memang ceria. Sementara Joy pembawa kegembiraan Riley, Fear menjadikan Riley aman, Disgust menjaga tidak teracuni makanan atau pikiran jahat, dan Anger memperjuangkan keadilan bagi Riley. Sedangkan fungsi Sadness masih menjadi tanda tanya bagi Joy. Setiap kali Sadness menyentuh bola-bola ingatan Riley, Riley menjadi sedih, Joy dan kawan-kawan tidak suka itu. Maka mereka menjauhkan Sadness dari menyentuh bola-bola ingatan atau kenangan Riley.

Saya jadi tahu ternyata kepribadian seseorang sangat dipengaruhi momen-momen tertentu yang paling membekas dalam perjalanan hidupnya. Baik itu memandang sebuah sebuah persahabatan, kedekatan keluarga,dan lainnya. Dan personality setiap orang bisa didominasi apakah Joy kegembiraan seperti Riley atau Sadness kesedihan seperti ibu Riley, bisa juga Anger seperti ayah Riley.

Sebenarnya kenapa film ini sangat bagus? Film yang bagus menurut saya adalah film yang paling berkesan. Tentu saja film ini juga berhubungan dengan saya pribadi, saya juga berpikir seperti Joy yang menuduh bahwa kesedihan hanya menghancurkan hidup. Nah di Inside Out moment istimewa adalah saat Joy di dasar jurang dengan Bing Bong dan dia menangis melihat bola-bola ingatan Riley yang terbuang dan lenyap. Bing Bong adalah teman khayalan Riley sewaktu kecil. Joy hanya ingin Riley bahagia. Di situ saya sadar ternyata melupakan suatu momen penting dalam hidup meskipun itu kesedihan adalah seperti menghapus ingatan itu sendiri. Paling penting lagi adalah ternyata Sadness kesedihan ternyata juga memiliki peran dalam kehidupan Riley. Joy akhirnya menyadari bahwa Sadness bisa menolong Riley yang karena pertengkaran dengan orang tuanya akan lari kembali ke rumah lamanya. Apakah fungsi Sadness bagi Riley sila tonton film Inside Out ini.

Film ini bagus di tonton bersama dengan keluarga, selain lucu, menghibur juga kita bisa banyak belajar darinya. Film ini benar-benar saya sarankan bagi orang tua dalam memahami perkembangan emosi anaknya. Tidak sia-sia Pixar membuat film animasi ini begitu lama, hasilnya sangat bagus. Selain Inside Out, untuk hubungan keluarga dan persahabatan tonton juga animasi Frozen dan Tinkerbell Never Beast, untuk remaja tonton film If I Stay. Demikian semoga bermanfaat sobat, selamat berakhir pekan.
 

6 komentar:

  1. Aku belum nonton. Masa lalu bisa mempengaruhi keprbadian dan pola pikir seseorang. Maka kita selalu diajarnkan, kenanglah hal-hal yang indah-indah saja. Biar kesedihan itu cepat berlalu. Kesedihan akan merapuhkan tubuh dan pikiran kita, ah,,,ngomong apa aku ini yaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Djangkaru Bumi: Ayo nonton mas bagus loh. Benar juga itu mas, kenanglah hal-hal yang indah, tapi kesedihan punya fungsi juga bagi kita loh, kalau nggak percaya lihat saja film Inside Out ini

      Hapus
  2. wah jadi penasaran ini film, baca sinopsis mas diatas sih seru keluhatannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe saya mb atau bu bukan mas yaaa
      sila lihat aja filmnya, siapa tahu suka

      Hapus
  3. haduhhh sayangnya aku ketinggalan nih, pas mau nonton udah gak tayang, makasih ya atas partisipasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Evrinasp: iya sudah tidak tayang kalau sekarang,sama-sama mbak

      Hapus

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu di sini.