Selasa, 01 Januari 2013

WISATA GUNUNG API PURBA NGLANGGERAN

WISATA GUNUNG API PURBA NGLANGGERAN

Tepat tanggal 1 Januari 2013 ini saya sempat mengunjungi tempat wisata Gunung Api Purba Nglanggeran di Wonosari Gunung Kidul. Dari Jogjakarta tidak begitu lama disambut gerimis di sepanjang jalan. Pemandangan yang tampak pertama kali sampai adalah batu - batu besar yang bertebaran di sana sini. Tiket masuknya 5.000 rupiah saja per orang. Ada 2 joglo atau semacam rumah untuk berteduh sekaligus berbagai acara yang mungkin diadakan di sana. Yang namanya gunung jika mau naik ya harus mendaki, dan ternyata gara-gara musim hujan jalurnya sangat licin dan cukup terjal. Alhasil belum sampai atas dah menyerah duluan.

WISATA GUNUNG API PURBA NGLANGGERAN

Oh iya di jalan menuju Gunung Api Purba Nglanggeran ada pemandangan yang cukup unik menurutku, yaitu barisan tower - tower stasiun relay televisi yang bertebaran berjajar ( seperti tampak pada gambar di atas ). Saya pikir gunungnya tidak begitu tinggi ternyata cukup sulit juga sampai ke atas, padahal pemandangan dari atas cukup indah. Ada gubuk kecil tempat beristirahat di puncaknya, dapat juga melihat pemandangan kota Jogjakarta dengan leluasa. Tampaknya semalam banyak anak muda atau mahasiswa / pelajar yang melewatkan malam tahun baru di tempat ini. Sisa - sisa api unggun di tempat yang biasanya untuk bercamping masih ada.

WISATA GUNUNG API PURBA NGLANGGERAN

Di tempat pemeriksaan karcis ada semacam gua batu yang cukup besar untuk berteduh di kala hujan, di sampingnya ada tempat datar yang bisa untuk bercamping di kelilingi batu - batu besar ( seperti tampak gambar di atas). Jalur yang cukup sulit untuk pemula di beri bantuan semacam tali untuk mempermudah pendakian (seperti gambar di atas ). Sebaiknya ke sana di musim kering karena jalurnya yang curam tentunya menjadi tidak begitu licin.

WISATA GUNUNG API PURBA NGLANGGERAN

Gambar diatas penampakan tumpukan batu - batu besar yang mirip gua tersebut dilihat dari tempat yang datar di sebaliknya ( dengan lubang gua yang tampak sempit ). Sedangkan gambar di sampingnya lagi adalah puncak Gunung Api Purba Nglanggeran tampak dari bawah. Demikian semoga bermanfaat sobat.

35 komentar:

  1. slamat mlm sobat. met thn baru'y kawan wwah pmandangannya bagus bang. jdi kpngn tu heheh

    BalasHapus
  2. selamat malam sahabatku..
    waw indah sekali pemandangannya..

    BalasHapus
  3. Brebes Vs Lamongan : malam juga bang
    pemandangan gunung emang menghijau

    BalasHapus
  4. Lukman hakim : malam juga Lukman
    iya ciptaan Allah memang selalu indah

    BalasHapus
  5. saya tertarik sekali nih sama objek satu ini, Mbak. boleh juga nih. kenapa nggak pernah terkspos secara luas ya? padahal aset banget nih.

    BalasHapus
  6. iya pak Zach, obyek wisata baru
    katanya juga ada desa ekowisatanya

    BalasHapus
  7. Saya belum pernah kesana, tower tower itu mengganggu pemandangan ya ? kenapa tidak satu tower digunakan bersamaan saja ya ?

    BalasHapus
  8. Djangkaru bumi : iya sangat mengganggu towernya
    tv nya beda beda je

    BalasHapus
  9. Pemaparannya singkat namun padat. Saya sangat menikmatinya. Sayang sekali tidak ada gunung berapi aktif di Pontianak hiheiheiheiheieee

    BalasHapus
  10. wah, bisa jadi tempat wisata tujuan ini. terimakasih infonya

    bantu komentar dan like FB ya di http://atdyn.blogspot.com/2012/12/hidup-aman-seorang-remaja-seperti.html

    BalasHapus
  11. Medan pendakian disana cukup menantang ya?, tapi saya baru tahu lho tentang obyek wisata yang satu ini.

    BalasHapus
  12. Pak Asep : banyakan sungai ya pak di pontianak
    ke Jawa dulu pak banyak gunungnya hehe

    BalasHapus
  13. dayan atdayan : sama sama dayan
    fb ya hehe coba ya
    salam kenal dayan

    BalasHapus
  14. Rudy Arra : iya memang belum begitu terkenal seperti obyek wisata yg lain, batu batuan terjal adanya

    BalasHapus
  15. hmmm ... asik ya tempatnya ... #makin kangen gunung :(

    BalasHapus
  16. Stupid monkey : hanya bukit kecil
    kalau dibanding gunung lainnya
    itupun saya gak bisa sampai atas mas

    BalasHapus
  17. kunjungan pertama nich.. mampir jg tempat ane yaa. follow mee

    BalasHapus
  18. follow sukses...follow balik y ^_^ salam persahabatan, semoga sukses selalu
    http://jagadkawula.blogspot.com/

    BalasHapus
  19. handi comee : makasih kunjungannya
    iya aku ke situ, salam kenal juga

    BalasHapus
  20. zaairul haq : makasih dah follow dan berkunjung disini, iya ku folback

    BalasHapus
  21. mba,...aq klo k wonosari seringnya k wisata pantai mba.....kaya kukup,krakal,sundak....hehehe

    BalasHapus
  22. hadir kembali.. :)
    selamat malam mba.. :)

    BalasHapus
  23. cii yuniaty : iya mbak sana pantainya juga bagus kayak pantai indrayani yang lagi ngetrend sekarang
    gua pindul atau sri genuk juga bagus katanya

    BalasHapus
  24. lukman hakim : pagi lukman
    terimakasih sudah hadir kembali

    BalasHapus
  25. Coba Insya Allah nanti kalo pas berkesempatan ke Yogya takngajakin teman buat kesana. ketoke asik tenan.

    BalasHapus
  26. oh tower televisi kirain tower transmisi telephone

    BalasHapus
  27. terima kasih kunjungan baliknya

    BalasHapus
  28. iya sob kyk blog ini hijau dan cerah

    BalasHapus
  29. paling enak kalau liat pemandangan dari atas gunung..hehehe

    terimakasih infony kawan, dan salam kenal.

    BalasHapus
  30. Rohis facebook : iya adem,musim hujan soalnya.

    Brebes Vs lamongan : setidaknya ada hijau hijau nya dikit bang

    Nakusan bali : salam kenal juga
    iya dari atas gunung semua jadi kelihatan

    BalasHapus
  31. perna lewat doang tapi ngak mampir ke gunung purba ini, jadi penasaran hehehe

    salam kenal
    www.cumilebay.com

    BalasHapus
  32. Cumi MzToro : hobi travelling masnya ini

    salam kenal juga

    BalasHapus
  33. Natur banget lah :-)

    ceritanya jalan2 ya...
    :-)

    BalasHapus
  34. Fikri : yup alami banget kan

    iya, naik..naik.. ke puncak gunung, malah nyanyi hehe

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu di sini.