Sabtu, 19 September 2020

Cinnamon Roll

Akhir-akhir ini saya melihat roti Cinnamon Roll yang sepertinya lagi ngehits. Di Youtube juga bertebaran cara membuat roti ini. Bahkan kawan saya ada yang berjualan roti ini. Saya pernah membuat roti ini kurang lebih sudah 3 tahunan lalu. Meskipun yang saya buat agak berbeda topingnya dengan yang kebanyakan beredar atau dijual saat ini, tetapi bagaimanapun roti yang pernah saya buat ini resepnya Cinnamon Roll juga. 

Memanggangnya pakai panci he he

Cinnamon Roll yang beredar belakangan ini sangat melimpah topingnya. Kalau tidak bisa dibilang terlampau banyak topingnya. Karena bagi saya dengan isian biasa saja dan glaze yang tipis saja sudah cukup manis, apalagi kalau topingnya krim melimpah seperti itu. Ya mungkin selera orang berbeda-beda dan barangkali itu bagian strategi marketingnya untuk menarik pembeli.

Okey, jadi di tahun 2017 lalu tepatnya bulan April saya membuat Cinnamon Roll dengan resep dari blog Monic’s Simply Kitchen. Blog ini melimpah resep-resep enaknya dan saya sudah mencoba beberapa resep itu. Berhasil mengolah makanan dari resep baru menurut saya adalah hasilnya bisa dimakan dan cukup enak, meskipun kadang bentuknya sedikit banyak tidak mirip. Saat itu saya masih menggunakan peralatan yang cukup sederhana. Oven saya belum punya, jadi cara memasaknya dengan pemanggang yang saya akal-akalin saja.

Ini hasilnya

Karena saya belum memiliki oven maka saya memanggang tidak bisa menghasilkan roti yang bagian atasnya kecoklatan seperti pada foto resepnya, tetapi untuk mengembangnya dan rasanya lumayan enak menurut saya.

Sebenarnya hasil Cinnamon Rollnya itu berwarna putih tepung, tetapi karena saya edit sedikit jadi agak berwarna. Mungkin jika suka bisa ditambahkan pewarna alami agar tidak terlampau pucat. Hasilnya menul-menul enak, kebetulan saya barusan membeli ragi yang baru jadi mengembang dengan sangat baik, sampai anak saya komentar rotinya sangat lembut. Bekas bolong-bolong itu bekas saya mengecek kematangan roti pakai tusuk gigi.

Bahan roti:

  •  125 ml susu cair hangat
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdt ragi instan
  • 200 gr tepung terigu (resep sebenarnya pakai 2 jenis tepung terigu)
  • 1/4 sdt garam
  • 1 sdm gula pasir 
  • 1 kuning telur
  • 1 sdm margarin lelehkan

Bahan isi:

  • 3 sdm mentega/margarin
  • 3 sdm gula pasir
  • 2 sendok teh kayu manis bubuk
  • 1/2 sendok teh bumbu spekuk (optional- saya tidak pakai ini)
  • 50 gr kismis

Bahan glaze (campur jadi satu):

  • 6 sdm gula halus
  • 2 sdm susu cair
  • 1 sdt jus lemon
  • 1/2 sdt parutan kulit lemon( saya tidak pakai)

Caranya seperti biasa campur adonan roti kemudian diamkan beberapa saat sampai mengembang. Kemudian pipihkan adonan lalu taburkan bahan isi yang telah dicampur. Kemudian diamkan beberapa saat sampai mengembang kembali. Kemudian panggang hingga matang. Setelah matang taburkan campuran glaze di atasnya. Jika kurang lengkap sila menuju blog mbak Monic saja lebih mantab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun