Minggu, 26 Juli 2020

Memelihara Ikan Sambil Bertanam

Saya kapan itu melihat status WA kawan saya. 
Ada sebuah ember yang sepertinya berisi ikan dan ada tanaman kangkung di atasnya. Seekor kucing belang putih hitam sedang mengamati ikan di dalam ember besar itu dari lubang yang diberi sekat seperti jaring-jaring plastik di tengah tutup ember. Saya langsung tertarik dan bertanya dari mana dia mendapatkan ember itu.

Gbr bukan milik saya, tapi bentuknya mirip seperti ini
Yah kemudian di sabtu kemarin tanggal 18 saya COD an dengan penjualnya, saya kira embernya sekitar 50 cm saja maka cukup kecil. Ternyata...embernya lumayan besar, untung saya dibantu anak saya yang terus merepet sepanjang jalan kerepotan membawanya. 

Saya membeli ember itu lumayan murah,karena saya pernah melihat harga ember serupa itu di toko. Apalagi ini sudah dimodifikasi dengan tutup yang dilubangi untuk pot dari gelas plastik sebanyak 10an pot plastik dan lubang untuk pembuangan air di bagian bawah ember. Selain itu saya melihat kalau biasanya tanpa tutup, dengan tutup begini ikan akan lebih aman dari gangguan kucing atau mencegahnya meloncat keluar. Harganya 115 ribu saja untuk area Jogya, sila hubungi nomer 08121571069 jika berminat.

Karena air di rumah dengan PAM maka saya mengendapkan airnya cukup lama setelah sekitar 5 harian baru saya isi dengan ikan. Saya isi dengan ikan lele, karena jika ikan nila butuh air yang mengalir agar bertahan hidup. Saya coba dulu ikan itu 1 kg lele yang sudah agak besar agar kuat bertahan. Dan tanaman kangkung juga sawi yang saya semai sekitar tanggal 22 kemarin, dari kemarin sudah tumbuh di pot-pot plastik di atas embernya. Cepat sekali tumbuhnya.

Pot-pot tanaman itu jika lupa disiram juga tidak apa, nantinya akar tanaman pasti mencari air di bawahnya. Karena bagian bawah pot plastik itu menyentuh air dalam ember. Saya memang menginginkan ember untuk pengganti kolam ikan ini sudah lama, dulu saat melihatnya di youtube. Beruntung saya melihat status kawan saya di WA. Sampai bapaknya yang jual terheran-heran beberapa kali bertanya ke saya dari mana tahu kalau dia menjual ember itu. Saya memilih ember ini karena mudah dipindahkan dan tentu saja tidak memakan banyak tempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun