Minggu, 26 Juli 2020

Cookies Gula Aren

Cookies dengan taburan chocochips yang saya beli seringnya berasa kering dan keras. Saya lebih menyukai cookies yang lebih empuk.

Dan saya menemukan resep Cookies Gula Aren di chanel youtube mas Puguh, saya pilih karena ukurannya memakai takaran sendok karena saya juga tidak punya timbangan. Saya juga melihat-lihat resep serupa punya beberapa chanel youtube lain. Resep Choco Lava Soft Cookies punya Pufflova sepertinya juga bagus, bedanya ada isian choco lavanya. Sebagian kurang lebih sih sama resepnya. Sebenarnya hasilnya masih tidak begitu bagus, tapi ini kue kering pertama saya. 

Penampakan cookies dari youtube mas Puguh
Untuk pemanggang lagi –lagi saya belum memakai oven, jadi mungkin hasilnya kurang maksimal. Kakak saya tanya “Wis tuku oven po?” pas lihat status saya yang mengupload foto cookies ini. Saya jawab belum beli tentu saja, seperti biasa saya memanggang dengan alat seadanya di rumah.

Masalah saya adalah saat mencari baking soda di toko tidak ada, jadi saya memakai baking powder yang saya miliki di rumah. Saya takut cookiesnya tidak jadi sesuai harapan sebenarnya, tetapi saya nekad membuat juga. Bedanya adonan saya tidak meleber seperti itu, tetapi justru mengeluarkan minyak, sepertinya saya menyendok mentega kebanyakan hehe. Dan saya memanggang tidak selama itu jadi belum begitu kering. Jangan ditiru ya, jika hendak mencoba lebih baik ikuti sesuai resep dan cara pembuatannya saja.

Bahan Cookies Gula Aren sebagai berikut:
6 sdm gula pasir
3 sdm gula aren/ gula palem
6 sdm mentega cair
1 butir telur
20 sdm tepung terigu
¼ sdt soda kue
Chocochips sesukanya, atau cokelat batang

Cara pembuatan:
Campurkan gula pasir dan gula aren, diaduk sebentar. Kemudian masukkan mentega cair lalu diaduk sampai tercampur rata. Tambahkan telur, aduk rata. Masukkan tepung terigu, soda kue, diaduk sampai rata. Kemudian masukkan chocochipsnya, aduk kembali. Siapkan loyang cetak bulat sesendok kecil, kemudian panggang dengan oven suhu 160 derajat celcius selama 15-20 menit atau api kecil selama 45 menit.
Hasilnya begini
Saya membentuk adonan bukan bentuk bulatan, tetapi langsung saya pipihkan jadi agak tipis seperti cookies chocochips yang biasa dijual di toko-toko itu. Saya memanggang selama 15 menit tetapi masih agak sedikit basah, mungkin 30 menit dengan api kecil lebih krispi. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun