Minggu, 15 September 2019

THE LIFE-CHANGING MAGIC OF TIDYING UP

Judul: The Life- Changing Magic of Tidying Up
Penulis: Marie Kondo
Penerjemah: Reni Indardini
Penerbit: Bentang Pustaka
Tebal: 206 Halaman


The life-changing magic of tidying up

Gara-gara habis baca buku ini hari Minggu saya isi dengan bersih-bersih koleksi buku dan merapikan rumah lagi. Dari kemarin baru dapat 2 plastik besar barang-barang tidak terpakai dari dapur, dan 1 tas cukup besar berisi buku yang harus saya singkirkan.

Sebenarnya saya juga orang yang risih apabila rumah berantakan, tetapi saya merasa kelelahan hampir setiap hari beberes kok masih rasanya belum beres-beres juga. Ternyata seperti dijelaskan dalam buku Marie Kondo ini kalau saya masih menyimpan banyak barang yang karena meras sayang untuk dibuang maka saya simpan berharap suatu saat saya pakai. Padahal enggak pernah lagi saya pakai.

Dapat segini bukunya

Padahal dua hari ini saja saya hanya beberes dapur dan rak buku belum seluruhnya tetapi sudah 3 plastik besar yang saya buang. Saya sempat kaget setelah tahu jika cukup banyak klien Marie Kondo yang sampai membuang berpuluh-puluh plastik besar barang yang akhirnya dibuang. Belum lagi menyentuh bagian lain seperti lemari baju dan lainnya. Kadang saya merasa kelelahan membereskan semuanya karena sepertinya yang merasa tidak nyaman dengan rumah yang tidak rapi hanya saya, sedangkan anak dan suami seperti tidak terganggu sama sekali dengan semua barang yang tidak pada tempatnya atau menumpuk tidak beraturan. Saya kadang heran orang bisa nyaman duduk, makan, ngobrol meskipun berdiri atau duduk di tengah kekacauan kondisi rumah.

Sebagai seseorang yang suka beres-beres rumah saya setuju hampir dengan semua yang Marie Kondo tuliskan di buku ini. Bukunya rinci banget menerangkan cara dan langkah-langkahnya. Saya rasa setelah orang membaca buku ini maka akan segera membuang barang-barangnya dalam jumlah yang cukup besar.

Dan yang ajaib adalah bahwa dengan cara berbenah ini seseorang bahkan bisa merubah jalan hidupnya ke arah yang benar-benar dia inginkan. Berubah benar-benar jauh menjadi lebih baik. Ada yang semula pegawai perusahaan sampai akhirnya terbuka pikirannya untuk memulai usaha yang benar-benar dia inginkan selama ini hanya kerena dia telah ikut kelas Marie Kondo dan membenahi rumah/kamarnya.

Inti dari metode berbenah Marie Kondo ini adalah bahwa anda hanya dikelilingi oleh barang yang benar-benar anda cintai dan membuatmu merasa bahagia. Sekali lagi yang benar-benar membuatmu bahagia, bukan sekedar ‘oh ini sayang kalau dibuang’ atau ‘oh ini hadiah dari si A’ atau ‘wah ini barang yang cukup mahal’ atau ‘suatu saat aku akan memakainya/ membacanya’ dan alasan lainnya.

Ada banyak contoh klien Marie Kondo yang menyimpan banyak barang tidak terpakai atau menimbun barang yang katanya sangat dia butuhkan. Bukan hanya barang lama atau lawas tapi bahkan banyak juga ada yang menimbun barang baru bahkan yang segelnya belum dibuang. Dan ini benar sekali, saya sendiri kemarin juga menemukan beberapa buku yang bahkan masih belum saya buka segel plastiknya, saya merasa menimbun buku dan terus berpikir bahwa saya akan membaca suatu waktu, tetapi sampai sekarang saja sama sekali belum saya buka. Baiklah sekian sedikit tentang buku ini, kalau menurut saya pribadi buku ini bagus banget. Sangat membantu saya untuk berbenah dan semoga berefek baik bagi kehidupan saya juga, aamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun