Minggu, 12 Mei 2019

AUGUSTE DUPIN

Judul: Auguste Dupin (Detektif Eksentrik dari Prancis)
Penulis: Edgar Allan Poe
Penerbit: Visi Media
Tebal: 326 Halaman
Cetakan: Desember 2012


“Kebenaran tidak selalu sedalam sumur. Bahkan, dengan merujuk pada pengetahuan yang lebih penting, aku yakin bahwa kadang-kadang kebenaran bisa terlihat di permukaan suatu masalah.” (C. Auguste Dupin)

Perkenalan saya dengan tulisan Edgar Allan Poe pertama di bukunya The Black Cat and Other Stories. Ya tentu saja the Black Cat terbitan Noura itu terbitan lebih baru tahun 2016 kemarin, sedangkan buku ini terbitan cukup lama yaitu tahun 2012.

Ketika saya temukan buku ini, saya tertarik dengan nama penulisnya (nama penulis senior) karena sebelumnya saya pernah membaca ceritanya di buku the Black Cat. Buku ini sudah saya simpan lama sekali dan belum saya buka segelnya. Saya sendiri sampai lupa kapan dan di mana saya membelinya, sepertinya di pameran buku. Baru semalam saya tergerak untuk mengambil dan membuka segelnya dan langsung habis membacanya.

Tampilan bukunya mirip buku the Black Cat, dominasi warna hitam. Entah kenapa akhir-akhir ini saya lagi menyukai warna hitam untuk buku, karena beberapa buku bagus yang saya punya juga memiliki warna hitam. Ya enggak semua sih, tapi sebagian yang menurut saya isinya bagus sampulnya juga berwarna hitam. Untuk tulisan judul di sampul buku kebetulan keduanya (The Black Cat dan Auguste Dupin) sama-sama berwarna kuning, kombinasi hitam dan kuning.

Isi cerita di buku ini sudah ada sebagian di buku the Black Cat. Terjemahannya sebagus buku itu juga, jadi meskipun kalimatnya berbelit dan sulit tetapi masih bisa saya pahami. Saya baru menyadari jika cerita ini ditulis dan diterbitkan pada tahun 1840an, sudah lama sekali ternyata. Dan seperti yang saya bilang dulu, cerita bagus selalu enak dibaca kapanpun, dia selalu menunggu untuk ditemukan. 

Sebenarnya saya masih belum menyelesaikan buku satu lagi (buku Jonathan Black) yang saya baca, tapi saya ingin membaca buku ini. Karena ini buku fiksi jadi saya bisa membacanya dengan cepat, terlebih beberapa ceritanya sudah pernah membacanya dan masih ingat jalan ceritanya. Oke sekian dulu sekilas tentang buku ini, selamat membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun