Minggu, 26 Mei 2019

ANAK BARU

Gimana, pernah ketemu anak baru di tempat kerja?


Sudah bertahun-tahun di kantor, kenal anak-anak baru. Kok akhir-akhir ini anak baru tampak lain ya kalau dibandingkan dengan aku dulu atau anak baru sebelum sebelumnya.

Letak bedanya dimana?
Pertama, anak baru sekarang lebih berani, bahkan kalau menurut para senior dan teman yang curhat di kantor, anak baru sekarang udah ‘kuwanen’. Beda banget dengan anak lama pas baru masuk dulu, penurut banget dengan senior apalagi atasannya, dan nggak ngeyelan kalau di minta ini itu. Ya kalau kuwanen tapi sembodo sih nggak papa.

Kalau senior kadang kalau mau ijin itu mikir, kalau misal hanya mau melayat ke tetangga biasanya ijin sebentar terus balik kantor lagi, misalnya ijin mau kondangan sama saja ijin bentar doang, paling kondangan berapa jam sih palingan sejam dua jam, terus balik kantor lagi. Ada nih yang ijin melayat tetangga jauh aja ijinnya seharian, ijin ngurus saudaranya apa gitu ijin seharian nggak masuk. Kalau sakit, kadang mikir juga, kalau hanya pusing dikit masih bisa berdiri jalan maka kadang kalau saya sendiri memilih tetap masuk kantor, kecuali memang sakitnya parah seperti muntah berkali-kali atau bahkan berdiri duduk saja enggak sanggup ya jangan memaksakan diri.

Kedua, anak baru sekarang gampang meremehkan. Ya sebenarnya masih hampir sama dengan poin pertama tadi sih. Dibilangin dikit sudah ngambek, marah, mukanya ditekuk jelek banget. Kalau dulu mah boro-boro pasang muka kesal, mana berani juga, kurang ajar sih kalau gitu kesannya, palingan dulu tetep pasang muka manis dan melipir mengerjakan yang diminta. Kalau anak baru sekarang dinasehatin dikit ngambek, malah galakan dia dari seniornya. Karena anak baru sekarang ada yang udah pernah kerja dimana gitu, jadi kadang mereka belum bisa move on dari tempat kerja lamanya. Jadi kadang kalau di tegur begini, malah ngejawab dengan membandingkan kondisi saat ini dengan tempat kerja lama, dan lainnya.

Ketiga, anak baru sekarang sok tau banget. Pernah nih si anak baru ini ngerjain sesuatu salah. Ditegur sama orang pusat, terus malah ngomong jelasin gitu ke kita yang udah lama. Ya padahal memang bener begitu, dia aja yang enggak tahu, tapi sok tau mengerjakan sendiri enggak pakai nanya dan hasilnya ya salah itu tadi. Pas dibilangin, ya itu tadi pasang muka jutek dan kesal gitu. Bukannya minta maaf udah salah, terus nanya baik-baik. Lah kalau enggak tahu ya nanya dulu, udah tahu bukan bagian dia, sok tau ngerjain pula, padahal sini yang tanda tangan, eh gitu salah komplain. Lha yang suruh sok-sokan ngisi bagian itu siapa juga.

Keempat, anak baru sekarang kurang kemampuan remeh temeh di kantor yang cukup membantu. Misalnya? Ramah ke kostumer, mampu basa-basi yang luwes dan wajar (dan enggak ke ge-er an ya, ada loh ketemu calon kostumer malah mbingungi karena ke ge-er an duluan), selain pengetahuan kecil misal tahu gimana memakai mesin scanner, mesin foto kopi, bisa ngisi atau ganti catridge printer, bisa merapikan meja sendiri dan lainnya. Kalau ada tamu di kantor, bisa menemui dulu, ngajak ngobrol nanya dulu mau apa, mempersilahkan menunggu atau duduk dulu, membawakan minum misalkan tidak ada OB dan lainnya.

Kelima, anak baru berebut simpati senior. Ada nih anak baru yang tukang lapor ke seniornya. Dikit-dikit lapor, ditegur dikit lapor ke seniornya, nggak suka dikit lapor ke seniornya, pokoknya sikapnya persis anak mama yang dikit-dikit maunya dibelain. Mungkin bawaan di rumah sifatnya manja kali ya, begitu terjun ke dunia kerja jadi begitu, ditegur dikit langsung nempel dan lapor ke senior yang deket ke dia. Jadinya kadang penilaian senior (tempat curhatnya ini) menjadi tidak objektif lagi, lebih subyektif kalau menurut saya. Biasanya sih kayak gini dari yang sudah sudah selalu lawan jenis, dan bahkan ada yang sampai ke hubungan yang lebih jauh lagi. Dulu bahkan ada yang sampai ada nih dua anak baru cewek yang rebutan senior laki-laki, sampai yang dulunya dua cewek ini berteman runtang runtung kemana-mana sampai musuhan. Kami yang lain seperti melihat suguhan sinetron di depan mata, padahal senior yang diperebutkan sudah menikah semua, pie jal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun