Selasa, 02 April 2019

Listrik

Kalau bicara tentang listrik, yang kuingat hanya cerita ini dulu,


Dulu inget pas hamil anakku, pas hamil gede sih. Ternyata itu sudah 12 tahun yang lalu, lama juga. Waktu itu lagi nancepin colokan lampu, tiba tiba BLAR! Kabel meledak, bersama dengan ledakan ada nyala api sebentar, untung nggak gitu gede hanya telapak tangan kananku menghitam, untung aku nggak papa, hanya kaget aja. Jadi colokannya masih nempel tapi hangus dan kabelnya lepas terlempar karena ledakan

Suami dan keluarga pada berlarian lihatin aku ke kamar, takutnya kenapa-napa. Ya deg-degan kaget juga. Masku sampai kaget lihat telapak tanganku yg menghitam karena ledakannya, tapi kuyakinkan kalau enggak apa-apa sih.

Sebenarnya masalah listrik yang nggak beres di rumah bapak dulu itu sudah lama terjadi. Dulu banyak kabel yang dipasang oleh orang kampung yang sedikit tahu pasang-pasang kabel gitu, jadi mungkin instalasinya nggak bagus atau entah gimana. Pernah juga sampai tembok rumah kalau dipegang nyetrum ha ha nyetrumnya nggak gede sih hanya paling kaget aja kalau pegang. Katanya sih listriknya nggak ngeground, apa itu aku juga nggak paham. 

Terus trafo deket rumah juga sering banget meledak, dulu hapal banget kalau hujan deras dan ada suara DUAR!! Udah kalau dengar begitu itu bakal seharian listrik mati, trafo deket rumah pasti meledak lagi. Yang paling heboh itu pas aku nggak di rumah bapak malahan. Waktu itu aku sekolah dan ngekos, pas pulang ke rumah bapak cerita kalau di rumah beberapa waktu kemarin itu kabel lampu di jalan terbakar. Kata bapak ibu sih heboh, bayanganku ya gosong aja kabelnya atau gimana, ternyata kata mereka sampai beneran nyala api dari arah rumah ke jalan. Jaraknya lumayan jauh sih ya kurang lebih 15 meteran lebih, sayang dulu belum familiar ponsel, coba kalau ada pasti direkam itu.

Selain itu pernah juga tagihan listrik sekampung pada ngacau. Ya ngacau, maksudnya dari tagihan yang biasanya maksimal misalkan 200an ribu sampai membengkak hingga 900an ribu. Dan itu terjadi bukan hanya pada satu rumah saja, tapi beberapa rumah. Padahal pemakaian normal seperti biasa saja. Akhirnya banyak yang protes ke PLN dan setelah di cek ternyata catatan pihak sana yang salah. Mungkin karena faktor trafo yang sering meledak itu, atau konsleting listrik lainnya, atau meteran yang ngacau juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun