Jumat, 01 Maret 2019

Bosan Makan

Pernahkah kamu bosan makan?

Beberapa hari yang lalu ada tetangga komplek yang meninggal dunia. Kata masku bapak yang meninggal itu masih cukup muda. Umurnya masih di bawah masku. Kata tetangga meninggal setelah dirawat di rumah sakit karena sakit lambung. Katanya sakitnya sudah satu mingguan. Entah jelasnya kenapa kami sendiri tidak tahu.
Mendengar bahwa yang meninggal ini sakit lambung masku ingat dengan bapaknya. Bapak masku alias bapak mertua beberapa waktu lalu juga sakit masalah lambung. Katanya sudah males untuk makan, entah kenapa.

Aku menyahut jika mungkin saja bapak sedang bosan makan. Jangankan bapak yang sudah berumur 70an tahun, wong saya saja pernah juga mengalami kebosanan itu. Kalau saya sendiri pernah mengalami ini dan solusinya ya simpel saja ganti menu makanan dari yang itu-itu saja. Atau mencoba mengolah makanan yang benar-benar baru, atau dari bahan makanan yang benar-benar belum pernah dicoba. Mungkin mengganti protein hewani dengan lebih banyak makan buah atau sayuran. Bisa juga memakan makanan penambah nafsu makan seperti sambal terasi, pete, jengkol, kemangi atau lainnya.

Saya juga pernah mendengar teman saya yang sudah berumur 50an tahun berujar kalau dia malas makan. Lanjutnya lagi jika seandainya bisa dia memilih tidak makan, tapi ujarnya lagi jika tidak makan maka dia sendiri lemas atau bahkan kelaparan. Teman saya ini cukup sehat diumurnya itu, jarang sekali sakit, bahkan saya yang umurnya masih dibawahnya lebih sering sakit dari pada dia.

Kadang saya iseng tanya padanya apa resep rahasia dia sehingga masih sehat dan kelihatan lebih muda diumurnya saat itu. Saya lebih menekankan pada pola makannya. Dia memberitahu jika dia jarang sarapan berat seperti nasi, dia lebih memilih minum teh hangat dan camilan seadanya. Lalu baru pada siang hari dia makan nasi. Jika sore hari lapar lagi dia akan makan, tetapi kadang jika dia tidak lapar maka tidak makan malam juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun