Minggu, 22 Juli 2018

Genom

Judul buku: Genom - Kisah Spesies Manusia dalam 23 Bab
Penulis: Matt Ridley
Alih Bahasa: Alex Tri Kantjono W
Editor: Dr Wildan Yatim
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Cetakan ketiga: Juli 2017


Genom

Buku ini bercerita tentang para penemu seperti Charles Darwin, Pater Mendel dan banyak para ahli lainnya. Saya sendiri masih membacanya dan belum selesai tetapi ingin sekali menuliskannya di sini. Sebenarnya dari awal buku hingga akhir semua padat informasi jadi sampai bingung mau bercerita sedikit yang bagian mana.

Bagian awal buku ini menjelaskan bagaimana penemuan gen oleh para ahli pada zaman dulu. Dari awal penemuannya hingga kaitan gen dan masing-masing kromosom tersebut pada berbagai penyakit bawaan, kecerdasan, kemampuan pengenalan bahasa, sifat fisik dan lainnya. Kebetulan saya cukup menyukai pelajaran biologi saat sekolah dulu jadi sangat menikmati membaca buku ini.

Tiap bab menjelaskan masing-masing kromosom dan disertai juga buku-buku ilmiah populer asal berbagai penjelasan tersebut di bagian akhir buku. Mungkin jika kurang paham bisa membaca berbagai referensi buku tersebut. Lumayan banyak bahan untuk terbitnya buku ini ternyata, dan saya cukup puas membacanya.

Selain itu juga diberikan gambaran pertikaian para ahli zaman dulu dalam menemukan kebenaran mengenai gen ini. Perdebatan masing-masing ahli dalam mempertahankan teorinya dan pembuktian yang coba diberikan para ahli dan peneliti ini pada masyarakat saat itu.

Buku ini buku yang bagi saya cukup bagus setelah sedikit bosan membaca buku-buku fiksi atau novel akhir-akhir ini. Selamat membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu di sini.