Selasa, 13 Juni 2017

Kehilangan Terbesar Itu

Kehilangan terbesar dalam hidup aku itu apa ya kira-kira? Kalau aku ingat-ingat lagi, kepergian almarhum ibu memang sesuatu yang sangat besar, tetapi mungkin karena aku sendiri tidak begitu ingat banyak kenangan bersamanya, justru kehilangan itu seperti biasa saja. Seperti, kehilangan sesuatu yang memang tidak pernah aku miliki. Baca saja di sini surat untuk ibu aku itu.

Kepergian seseorang yang mendadak dan tiba-tiba justru kadang malah teringat sampai sekarang. Terlebih mereka itu masih muda, misal saja sepupu aku beberapa tahun yang lalu. Aku mengenal mereka cukup lama dan pernah ngobrol atau bercanda, masih segar bugar dan suatu hari tiba-tiba mendapat kabar bahwa meninggal karena kecelakaan. Aku juga merasa kehilangan karena mereka pernah ada, pernah jadi bagian hidup aku.

Kehilangan yang besar lainnya adalah kepergian kakek nenekku. Kalau dulu saat lebaran biasanya pulang sholat Ied langsung ke rumah kakek nenek, sekarang sudah nggak ada lagi. Kalau dulu sedang banyak pikiran dan suntuk juga larinya ke rumah kakekku, sekarang juga sudah nggak bisa. Padahal di sana nggak cerita apa-apa soal masalahku atau apa, tapi rasanya datang ke rumah kakek dan ikut ke kebun atau ke sawah sudah cukup membuat aku tenang dan lupa sejenak masalahku. Kiranya itu beberapa kehilangan terbesar yang aku rasakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun