Jumat, 10 Maret 2017

Murakami yang Berlari

Kapan itu ke perpus nemu buku Murakami yang What I Talk About When I Talk About Running. Buku Haruki Murakami sebelumnya yang saya pernah baca Dunia Kafka dan Norwegian Wood. Pernah mencoba membaca IQ 84 tetapi ternyata enggak selesai, bukunya tebal bener dan ada beberapa jilid. 

Saya baru tahu kalau Murakami ternyata selain penulis terkenal juga seorang pelari maraton bahkan triathlon, sehari-hari juga suka berlari beberapa jam. Bahkan dalam proses lari itu dia sempat menempuh jarak yang cukup jauh dan mampu menembus batas maksimal kekuatan tubuhnya untuk berlari. Ada semacam semboyan kalau nggak salah ingat, bahwa meskipun lelah dia pasti menyelesaikan lomba larinya hingga garis akhir dengan berlari bukan berjalan. 

Beberapa poin penting saat saya membaca bukunya ini adalah: Rasa sakit itu pasti, penderitaan adalah pilihan. Tak seorangpun akan mengingat hal-hal bodoh yang mungkin telah aku ucapkan sehingga mereka juga tak akan mengutip kembali padaku. Yang harus dimiliki seorang novelis tulisnya, adalah bakat, kemudian fokus serta daya tahan. Dan penting untuk berlatih terus sebagai ganti bakat yang tidak dimiliki. Bahkan seorang penulis hanya duduk beberapa jam saja untuk berlatih meskipun tidak menulis. Benar bahwa orang-orang yang menulis sebagai mata pencaharian termasuk Murakami, senantiasa berpikir tentang segala hal sambil menulis. Persiapkan rencana B setelah selesai dengan rencana A, karena begitulah hidup.

Demikian sedikit tentang buku Haruki Murakami, selamat Jumat dan selamat membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu di sini.