Senin, 31 Oktober 2016

Smokol

Judul: Smokol
Cerpen Kompas Pilihan 2008
Penerbit: PT Kompas Media Nusantara
Cetakan: Juni 2010
Tebal: 170 Halaman


Smokol adalah salah satu judul cerpen dari 15 judul cerpen yang ada di buku ini. Cerpen-cerpen ini pernah dimuat di harian Kompas. Saya baru tahu istilah smokol ya baru di cerita ini. Dengan tokoh Batara alias Batre, Smokol paling menyenangkan diantara semua cerita di sini menurut saya. Saya suka sekali permainan kata-katanya dan tidak membosankan. Cerpen ini karya Nukila Amal.

"Akhirat...Aku curiga cita rasa akhirat akan seperti ini. Kenyang dan bahagia. Di surga kita akan kenyang, terlalu kenyang untuk menginginkan...."- Batre dalam Smokol

Cerpen-cerpen kompas ini di tulis oleh para senior, seperti Linda Cristanty, Ratih Kumala, Nukila Amal, Ni Komang Ariani dan lainnya,  jadi ya jelas bagus semua.

Selain cerpen Smokol saya juga terkaget-kaget baca cerita Perempuan Sinting di Dapur, jadi gimana gitu saat baca cerita yang ini. Cerita yang bikin mual dan membayangkannya saja membuat urusan dapur jadi tampak sehoror itu.

"..tempat gila manusia sudah lama terpisah-pisah. Laki-laki sinting di jalan, perempuan di dapur."- Wak Misnah dalam Perempuan Sinting di Dapur

Jauh dari semua hal yang mungkin hendak di sampaikan sang penulis Smokol, hal yang ribet yang dalem yang sulit, saya hanya menikmati saja cerita dalam setiap kalimatnya. Menikmati apa adanya cerita di meja makan sang gastronom yaitu Batara. Dibuka dengan cerita lezat Smokol, ditutup dengan Perempuan Sinting di Dapur. Cerita yang bagus, tak pernah lekang oleh waktu.

Demikian sekilas tentang buku Smokol, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun