Kamis, 26 Mei 2016

The Hound of Death - Agatha Christie

Judul: The Hound of Death / Anjing Kematian
Penulis: Agatha Christie
Alih bahasa: Tanti Lesmana
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: Ketiga Januari 2008
Tebal: 336 halaman

"Dua belas cerita menarik yang melibatkan unsur supranatural dan pembunuhan... seorang biarawati yang suka mendapatkan penglihatan aneh, seorang pemuda yang dianjurkan untuk tidak pulang ke rumahnya, seorang gadis dengan kepribadian ganda, kematian tragis seorang wanita gipsi, sebuah rumah berhantu dan anak kecil yang menangis, radio yang memperdengarkan panggilan dari alam baka, seorang pria yang dituduh membunuh demi uang, guci antik yang penuh misteri, seorang pria bangsawan yang bertingkah seperti kucing, seorang pria kaya yang menjadi gelisah setelah bertemu seorang pemusik jalanan, seorang pemanggil arwah yang ingin berhenti dan tanda SOS yang dituliskan seseorang di meja."- Demikian tulisan pada sampul belakang buku.

Sekilas membaca tulisan itu sudah membuat saya ingin membaca cerita misterius yang diramu begitu indah oleh Agatha Christie dalam buku ini.

"Ada sudut pandang lain yang anda lupakan, padahal cukup penting." -Dr Clark
"Maksudnya?" tanya sir George.
"Sudut pandang orang awam."
"Apa itu penting? Bukankah orang awam biasanya salah?"
"Oh! Hampir selalu. Tapi orang awam memiliki sesuatu yang tidak dipunyai oleh para ahli--sudut pandang pribadinya sendiri." - halaman 73


   Cukup sering saya membaca hebatnya Agatha Christie dalam menulis cerita fiksi detektif dan misteri. Tetapi jujur saja saya baru benar-benar membaca bukunya kali ini. Dalam buku ini penulis menciptakan cerita-cerita dari tokoh seorang dokter, pengusaha kaya dan lainnya yang penuh misteri. Entah kenapa saya sering memandang buku-buku yang bagus sudah seperti 'kenyang' duluan bukannya penasaran dan pengin membacanya. Dan kemarin entah angin dari mana membawa tangan saya memilih buku mungil ini untuk saya baca. Setelah membaca beberapa halaman saya langsung tertarik dan takjub hehehe seorang yang paham masalah kedokteran kalau nulis bagus banget ternyata. Kemudian saya berminat membaca buku-bukunya yang lain, misalnya kisah Hercule Poirot dan Miss Marple.

  Di dalam buku ini terdapat beberapa judul cerita yang seperti catatan penulis mengenai kasus-kasus tidak biasa yang penuh misteri. Dari awal cerita sudah membuat kita bertanya-tanya dan menebak-nebak apa yang sebenarnya terjadi dan bagaimana akhir ceritanya. Dibuka dengan cerita dengan judul Anjing Kematian yang misterius dan sampai cerita berakhir pembaca dibuat bertanya-tanya dan menyimpulkan sendiri apa sebenarnya yang terjadi. Bagaimana tidak jika beberapa tentara mati terbakar di sebuah bangunan meninggalkan jejak gambar anjing besar berwarna gelap.

   Saya paling suka kisah Kasus Aneh Sir Arthur Carmichael dan Orang Keempat, misterius dan menegangkan. Dalam cerita Orang Keempat dibuat berpikir tentang kata-kata orang keempat yang misterius itu. Keseluruhan cerita memang terkesan gelap dan misterius. Tentang kematian misterius Felicie Bault.

"Apa anda begitu yakin," katanya dengan sungguh-sungguh,"Bahwa hanya ada satu penghuni di dalam struktur ini-sebab tubuh kita ini memang cuma suatu struktur- .." - halaman 76

   Sampul bergambar siluet anjing hitam dengan mata merah, dominan warna gelap atau hitam, dan ada tetesan merah seperti darah di belakang nama penulis. Bukunya seperti buku Agatha yang lain mungil dan enak dibawa. Saya tak menyangka buku bagus ini berkali-kali saya lewati.

Demikian buku mungil ini membuat saya berencana mencari dan membaca buku-buku Agatha Christie yang lain. Selamat siang dan selamat membaca.

2 komentar:

  1. Buat mbak Susi 336 halaman itu mungil yawh hehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini bukunya kecil ukurannya
      Lebih kecil dari ukuran buku biasa

      Hapus

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu di sini.