Rabu, 24 Februari 2016

Comel dan Gambarnya

Anak saya suka sekali menggambar. Sejak kecil memang sudah saya biarkan bermain dengan crayon dan kertas. Sejak Taman Kanak-kanak hingga sekarang sudah berapa buku gambarnya penuh coret-coretan.

Dulu, anak saya ini kalau gambar masih belum terpengaruh apapun. Apa yang dia lihat, apa yang dia ingin gambar ya dia gambar sesuai keinginannya. Saya bahkan pernah baca jika gambar anak-anak multi dimensi dan penuh imajinasi. Benar saja saat beberapa gambarnya dulu saya tanyakan dan dia bercerita tentang apa saja. Setelah agak besar, dia mulai suka baca komik dan lihat film animasi. Akibatnya dia lebih sering meniru gambar yang dia lihat. Sangat berbeda dengan gambar yang sering dia buat dulu.

Sering saya protes agar tidak meniru gambar di buku komik dan dia berpindah ke film yang dia lihat. Di pause untuk beberapa saat dan digambarnya. Aduh, sama saja pikir saya.

Saya jadi berpikir apa itu termasuk proses saja. Saya hanya takut lama-lama gambar dia sendiri hilang dan mulai terpengaruh gambar yang dia lihat, baca, dengar, televisi, artis idola atau lainnya.

Demikian curhat pendek ini, semoga ada manfaatnya. 

2 komentar:

  1. Menggambar itu akan sesuai apa yang dilihat, dirasa dan diraba. Awal mula penglihatan yang akan lebih berdominan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, anak-anak masih suka meniru apa yang dilihat
      apalagi kalau film fav nya

      Hapus

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu di sini.