Rabu, 02 Desember 2015

Buku: Linguae

Judul: Linguae
Penulis: Seno Gumira Ajidarma
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: September 2007
Tebal: 130 halaman

Buku ini kumpulan dari beberapa cerpen karya Seno Gumira Ajidarma. Kalau lihat nama penulisnya, maka tidak diragukan lagi pasti hasilnya juga bagus-bagus. Beberapa cerita juga pernah dimuat di koran dan harian. Cerpen-cerpennya banyak mengambil tema sureal.

Ilustrasi sampul depan dominan gelap, tapi siluet wajah seorang wanita dalam balutan pakaian seksi cukup mengundang penasaran. Cerita-cerita yang disuguhkan bervariasi, dari masalah yang misterius hingga menyentuh berbagai masalah.

"Dalam remang, entah pagi entah siang entah sore entah malam, kami terus menerus menguji daya cinta kami. Selalu remang. Hanya remang. Lebih baik remang-karena cinta yang jelas dan terang, yakin dan pasti, bersih dan steril, seperti bukan cinta lagi. Jadi memang tak bisa kulihat wajahnya dengan jelas-apakah yang masih bisa dilihat dari sebuah wajah yang selalu dekat, sehingga tak berjarak, ketika saling mengujilidah, selain ketakjelasan dalam keremangan dengan cahaya lembut yang berusaha menembus gorden?"
(petikan dari cerpen "Linguae")

Saya paling suka cerpen yang berjudul "Rembulan dalam Cappucino". Kisah yang menurut saya lucu, saya benar-benar membayangkan bulan dalam sebuah cangkir cappucino yang kemudian berubah jadi sebesar bola basket. 

Meski termasuk buku lama, tapi masih bagus untuk dibaca apalagi bagi yang belum membaca ceritanya.

8 komentar:

  1. kalo saya ya Mbak, bukunya Bang Seno ini ketinggian buat saya. selalu saja saya tulalit, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah baca bukunya juga ya, saya juga belum paham benar, baru belajar

      Hapus
  2. Imajinasiku kurang bermain tanpa disertakan cover bukunya. Aku baru kenal Bang Seno dan belum ada yang aku punya bukunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe covernya agak-agak gimana mas jadi nggak dipasang. Saya juga baru baca ini

      Hapus
  3. saya banyak buku beliau. tapi ya itu, bener, ketinggian buat saya. saya beli buku2nya karena di Gramedia sering didiskon.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha malah punya banyak buku SGA pak Zach, kalau yang ini cerpen-cerpen saja kok pak. Kebetulan beberapa buku yang saya posting di sini saya pinjam, jadi buat catatan saya kalau pernah baca buku ini hehe

      Hapus

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu di sini.