Rabu, 30 September 2015

Pohon Ketapang

Tadi kawan saya tanya,"Tahu pohon ketapeng?" saya jawab kalau ketapeng saya belum pernah denger tapi kalau ketapang atau ketepeng saya tahu. Lalu saya tanya dia buat apa, katanya kawannya butuh buat obat. 


Kemudian dari kata 'Ketapeng' itu saya jadi inget beberapa hal. Ingatan saya terbawa ke masa kecil dulu di desa, saya pernah mencari buah ketepeng. Kalau di tempat saya menyebutnya ketepeng, kalau nama lain pohon ini baca saja gambar di samping dari Wikipedia. Saya ingat buah yang sering berjatuhan dari pohon itu, biasanya saya pecahkan dan di dalamnya ada semacam kacang yang berbentuk memanjang. Pohon ketapang ini banyak di temui juga di sekitar jalan bahkan di tanam di halaman rumah. 

Saya jadi tahu ternyata ketapang juga sangat bermanfaat, baca juga gambar di bawah dari sebuah blog yang saya screenshot, semoga pemiliknya berkenan saya pajang di sini.  

Pohon ini juga disebut beach almond mungkin karena dia banyak terdapat di pantai. Kebetulan rumah saya dulu dan kampung saya dulu di dekat pantai juga. 

Dari satu kata itu saya jadi tahu asal muasal kota Ketapang di Kalimantan, baca saja gambar di samping. Sebuah kisah tentang sebuah pohon ketapang besar yang menaungi sebuah kampung. Sebenarnya nama Ketapang sendiri banyak di pakai di tempat lainnya. 

Kisah pohon itu membawa ingatan lain tentang sebuah game pohon yang pernah di upload gambarnya di akun facebook seorang komikus asal Bandung. Kisah pohon yang menaungi juga mengingatkan saya pada sebuah ayat di Al-Quran yang bercerita tentang keadaan sebuah surga. Wuih betapa hebatnya ya alam negeri kita ini. Banyak tanaman bisa tumbuh dengan mudah.

Ternyata dari sebuah kata saja kita belajar banyak hal. Bahkan dari info itu saya mendapati bahwa daun pohonnya cukup bagus menangkal hama penyakit atau serangga pengganggu. Nah saya jadi ingat pohon jeruk saya yang terserang hama kutu putih apakah bisa diobati dengan rendaman daun ketapang ini. Baiklah jika menemukan daunnya saya akan mencobanya.

Satu kata yang membawa ingatan dan pengetahuan akan hal lainnya.  Demikian tulisan sekilas ini semoga ada manfaatnya.









Terimakasih untuk kedua blog yang sudah membagikan infonya. Namanyaorang.blogspot.co.id dan budi3x.blogspot.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan komentarmu di sini.

Update Berkebun