Selasa, 24 Februari 2015

WISATA KEBUN TEH SAMIGALUH

Kebun Teh Samigaluh Kulon Progo Yogyakarta
Ingin melihat kebun teh sekarang tidak perlu jauh- jauh, cukup di Yogyakarta saja. Saya baru saja mengunjungi wisata kebun teh ini beberapa waktu kemarin. Seperti saya kisahkan di sini tentang wisata air terjun yang berada tidak jauh dari kebun teh ini.

Cara menuju ke kebun teh ini mudah saja, seperti saya sebutkan di posting sebelumnya itu. Tepatnya wisata kebun teh ini di Nglinggo Pagerharjo Samigaluh Kulon Progo Yogyakarta. Dari arah Yogyakarta menuju Jalan Godean lurus hingga ke perempatan Nanggulan, ambil arah kanan ke arah Dekso hingga ketemu pertigaan Dekso. Dari pertigaan Dekso ambil arah kiri akan melewati perkampungan dan persawahan seperti gambar di bawah ini. Persiapkan kendaraan anda sebaik mungkin karena kondisi jalan menanjak dan lumayan jauh juga.

Kondisi jalan dan pemandangan menuju kebun teh

Setelah menemukan pertigaan pasar Plono (disini ada tulisan penunjuk arah berwarna merah di dinding pasar) dan mengikuti jalan ke arah kanan menaiki bukit beberapa kilometer maka akan menemui pertigaan dan ada papan penunjuk jalan dengan tulisan seperti di bawah ini maka ikuti arah penunjuk jalan itu.

Papan penunjuk arah ke Kebun Teh Samigaluh

Tiket dibayarkan pada pertigaan ini, saat itu Rp 3.000,- saja. Terus ikuti jalan hingga ke arah kebun teh yang ada di bagian bawah yang agak datar. Silahkan saja jika hendak parkir kendaraan di bawah atau di bagian atas kebun teh juga ada. Parkir harga normal Rp 2.000,- saja. Disitu ada tulisan papan titik nol kilometer kebun teh tetapi saya lupa ambil fotonya. Ada beberapa spot menikmati pemandangan hamparan kebun teh yang ada. Memang kebun tehnya tidak begitu luas tetapi lumayan memanjakan mata. Anda bisa naik ke arah bukit sebelah kiri yang agak tinggi dengan tangga yang dibuat dari bambu pada undakannya. Dari sini bisa dilihat hamparan kebun teh dan perbukitan Menoreh. Bisa juga melewati bukit sebelah kanan, dari jalan ke atas bisa dilihat gunung Sindoro dan Sumbing dengan jelas di arah barat. Sedangkan sebelah utara bagian kanan gunung Merapi jelas terlihat.Udara sesaat hendak menuju kawasan ini sudah berubah menjadi lebih dingin dan sejuk khas pegunungan.

Pemandangan Kebun teh

Penjual makanan kecil dan minuman ada meskipun belum begitu banyak. Toilet juga ada jika memang membutuhkannya karena agak jauh dari perkampungan. Selain itu ada spot sebuah pohon yang diberi papan kayu di bagian atas untuk duduk, bisa untuk berfoto di jalan menuju bukit sebelah kiri tapi berbayar Rp 2.000 saja. Di atas bukit ada satu rumah kecil semacam gardu pandang untuk duduk - duduk dan beberapa bangku dari bambu. Sekali lagi siapkan fisik untuk menaiki perbukitannya karena jalannya cukup melelahkan kaki juga. Untuk anda yang membawa anak kecil agar dijaga dengan baik ketika naik ke atas karena jalannya cukup menanjak. Meskipun ada beberapa bangku kayu di sepanjang jalan untuk beristirahat jika kelelahan.

Demikian semoga bermanfaat sobat.