Rabu, 14 Januari 2015

Feromon

Sekilas Tentang Feromon

Feromon adalah zat yang menimbulkan reaksi luar biasa atau perubahan tingkah laku tertentu bila dihirup oleh individu lain yang sejenis. Serangga menggunakan feromon ini salah satunya sebagai alat komunikasi, yang terletak dibelakang tubuh. Bahkan feromon juga dimiliki sebagai alat komunikasi pada manusia, mamalia lain juga beberapa ikan. Pada hewan feromon yang dalam jumlah sedikit itu disebarkan di udara hingga menyebar ke wilayah yang lebih luas.

Macam - Macam Feromon

Feromon Pemandu
Feromon ini banyak digunakan oleh hewan yang hidup berkoloni seperti semut. Feromon disebarkan semut disepanjang jalan agar kawan -kawan dalam koloni tersebut tidak tersesat dan mengikuti jalannya.

Feromon Peringatan
Feromon ini digunakan sebagai alat pertahanan dan memberitahukan kawannya akan bahaya. Fermon pada hewan yang diserang akan dikeluarkan sebagai peringatan bahaya tidak hanya pada hewan yang mengancamnya tetapi juga pada koloninya.

Feromon Sex
Feromon ini berhubungan dengan masalah reproduksi. Betina yang siap berkembang biak maka mengeluarkan feromon untuk memberitahu pasangannya atau lawan jenisnya. Feromon jenis ini bukan hanya pada binatang serangga tetapi juga pada mamalia, bahkan mungkin manusia juga. Feromon ini dibandingkan dengan feromon yang lain,  bisa lebih jauh terdeteksi dan lebih lama. Sebagai contoh Ngengat jantan dari radius 1 Km - 5 Km bisa berkumpul disatu tempat karena pengeruh feromon ini. Bayangkan jarak 1 Km - 5 Km feromon tersebut bisa terdeteksi jauh sekali bukan? Untung manusia tidak memiliki feromon sekuat ini.

Feromon Pengubah Fisik
Bukan hanya mengubah tingkah laku feromon ini bisa mengubah fisik. Feromon ini dihasilkan ratu semut untuk mengendalikan kemampuan reproduksi semut betina lain, jahat ya. Semut betina pekerja  kebanyakan tidak bersayap dan tidak bisa bertelur. Feromon ini juga mengatur aktivitas semut jantan. Semut jantan tidak melakukan aktivitas apapun, kecuali makan bermain dan setelah kawin dia akan mati.

(Sumber : Dunia Serangga)

10 komentar:

  1. Sebenernya manusia juga punya loh.. unsur2 feromon begitu :))

    BalasHapus
  2. Hilda Ikka : iya manusia juga punya :)
    tapi entah buat feromon yang mana hehe

    BalasHapus
  3. sumbernya buku dunia serangga yang komik kah...anak2 saya suka buku itu, mungkin karena kemasannya komik...

    BalasHapus
  4. Rina Susanti : iya bu yang komik itu hehe, punya anak saya juga sih, sama bu anak saya koleksinya juga komik komik seperti itu, tebel tapi enak buat belajar

    BalasHapus
  5. kayaknya saya sering dengar tapi kurang tau artinya apa, maksudnya apa,

    alhamdulillah disini sedikit memerikan keterangan tentang hal itu

    BalasHapus
  6. jadi tau nih feromon itu apa,hehe terimakasih ya :)

    BalasHapus
  7. Em Albar : semoga bermanfaat pak :)

    Defa Ramadhani: sama - sama mbak :) sedikit info semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  8. pengen tau feromon di manusia itu kayak gimana yah...

    BalasHapus
  9. pengen tau feromon di manusia itu kayak gimana yah...

    BalasHapus
  10. Gustyanita Pratiwi : feromon pada manusia sendiri masih ada perdebatan sebenarnya, tetapi sebagian menganggap memang feromon ini dipengaruhi hormon seseorang, mungkin semacam bau khas yang memikat bagi kita

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu di sini.