Jumat, 05 Desember 2014

Upacara Adat Bekakak

UPACARA ADAT BEKAKAK
Upacara Bekakak
Hari ini Jum'at tanggal 05 Desember 2014 dilaksanakan Upacara Adat Bekakak atau Saparan di Gunung Gamping. Tepatnya di Desa Ambarketawang Gamping Sleman. Upacara Bekakak ini setiap tahun selalu dilaksanakan bertepatan di bulan Sapar makanya sering pula disebut Saparan. 

Saya mengetahui cerita Bekakak ini dari orang Gamping sendiri dan berbagai artikel yang saya baca. Kebetulan meskipun saya bukan asli dari daerah Gamping tetapi sudah beberapa kali melihat upacara Bekakak ini. Meskipun tidak secara lengkap keseluruhan upacara Bekakak, hanya suka melihat pawainya saja he he. Sudah berkali-kali juga terjebat macet jalanan di daerah Gamping ketika upacara selesai. Ternyata Bekakak ini merupakan penghormatan untuk abdi dalem Kraton Yogyakarta Ki Wirosuto pada masa Sultan Hamengkubuwono I . Diceritakan bahwa untuk keselamatan penggali batu gamping di Gunung Gamping maka diadakan acara Bekakak ini. Dahulu dikarenakan sering terjadi kecelakaan yang memakan korban. Upacara adat Bekakak sendiri merupakan acara penyembelihan sepasang pengantin yang terbuat dari ketan di Gunung Gamping. Kenapa penyembelihan sepasang pengantin ? Karena ceritanya, menurut seseorang yang bersemedi di Gunung Gamping pada zaman dahulu bahwa penunggu Gunung Gamping meminta korban sepasang pengantin agar tidak mengganggu lagi. Seiring dengan perkembangannya upacara adat ini kemudian juga disemarakkan oleh berbagai pawai dari berbagai elemen masyarakat. Baik itu tari-tarian, berbagai gunungan, pawai Bregada, pawai Ogoh - Ogoh ( boneka raksasa menyeramkan ), dan atraksi kesenian lainnya.

Sekedar saran apabila hendak menonton upacara Bekakak ini agar menyiapkan payung atau jas hujan, karena sepertinya cuaca bermendung. Hampir sama dengan beberapa tahun yang lalu yang juga cuacanya seperti ini. Semoga tidak hujan, kasihan anak - anak kecil yang ikut pawai juga. Tidak lupa juga, karena padatnya penonton acara ini, agar menghindari jalan - jalan utama yang bakal dilewati sekitaran Jalan Wates daerah Gamping hingga Gunung Gamping, karena dipastikan akan macet ataupun untuk sementara ditutup pada jam- jam upacara itu. Biasanya pawai mulai setelah dhuhur. Demikian semoga bermanfaat, selamat hari Jum'at.

(Gambar dari Resisetonugroho)

2 komentar:

  1. eit ternyata di jawa juga ada upacara adat Bekakak ya, baru tahu deh, setahu saya mah bekakak itu adalah kebudayaan sunda...hadeuh katrok ternyata saya ini.
    makasih bagi ilmunya ya kak

    BalasHapus
  2. Mang Lembu : iya ada mang, di Sunda ada juga ya, wah mang Lembu tahu kata katrok juga hehe saya kira hanya di sini yang tahu kata katrok :)

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu di sini.