Sabtu, 06 Desember 2014

Review Automata 2014

Film Automata dibintangi oleh aktor Antonio Banderas. Selain itu juga ada Melanie Griffith dan Birgitte Hjort Sorensen. Antonio Banderas sebagai Jacq.V seorang petugas dari perusahaan robot ROC yang menangani komplain dan menyelidiki berbagai kerusakan pada robot.

Semula saya tidak begitu suka fim ini, karena seluruh lokasi syuting bagi saya tidak begitu menarik. Terkesan kumuh dan tidak menarik. Hanya karena saya suka film Sci fi maka saya melihatnya juga. Film dimulai dengan penjelasan tentang keadaan bumi yang sudah tidak baik lagi. Kerusakan bumi di sebabkan oleh berbagai kondisi alam seperti radiasi matahari dll. Manusia bumi sudah menggunakan robot sebagai asisten dalam rumah. Jika pernah nonton film I Robot yang dibintangi Will Smith maka anda akan membandingkan film ini dengan film itu. Apalagi mengenai protokol atau aturan yang berjumlah dua protokol juga ada di film ini. Dua protokol ini ditanamkan pada robot tersebut agar tidak memiliki kehendak bebas menurut saya. 

Cerita berlanjut ketika ada salah satu robot yang sepertinya mulai diutak - atik oleh manusia. Kemudian mulai adanya sebuah robot yang sedikit bandel yang dimusnahkan. Idenya benar - benar mirip film I Robot, dan bahkan ceritanya bagi saya lebih menarik film I Robot. Kemudian ternyata ada seorang ilmuwan yang diperankan Melanie Griffith yang mulai membuat robot bernama Cleo, robot wanita ini mampu memperbaiki dirinya sendiri. Kemudian robot wanita ini justru menyelamatkan Jacq dari kejaran orang-orang yang ingin membunuhnya. Jacq akhirnya dibawa sekelompok robot yang bebas tersebut menjauh dari kota. Sekelompok robot inilah justru yang membantunya melewati tanah tandus tanpa air itu. Pada akhirnya hanya Cleo dan robot kecil ciptaan sekelompok robot itulah yang hidup. Sedang Jacq beserta istri dan bayinya yang baru lahir justru selamat dari pembunuhan orang yang mengejarnya karena ditolong oleh robot buatan sekelompok robot itu.

Automata bisa diartikan sesuatu yang bekerja secara otomatis ( mesin ). Automata merupakan bentuk tunggal, sedangkan automaton bentuk jamaknya. Sekedar info jika hendak mengerti penjelasan mengenai automata sendiri silahkan baca blog muhar-automata.blogspot.com. Disini dijelaskan tentang automata yang sebenarnya, bukan hanya secara fiksi dalam film tersebut.

Demikian review singkat ini, semoga bermanfaat.


 

2 komentar:

  1. sepertinya tidak terlalu menarik ya dibanding I robot. Tadinya tertarik nonton di bioskop, tapi jadi diurungkan deh

    BalasHapus
  2. Gulunganpita : hehe wah kalau soal film selera setiap orang bisa berbeda mbak, bisa jadi saya tidak suka tetapi orang lain suka, silahkan saja :)

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu di sini.