Rabu, 10 September 2014

Tips Sederhana Bagi Yang Pelupa

Setiap hari kita banyak melakukan aktivitas yang tidak hanya satu macam. Terkadang begitu banyaknya agenda harian kita, maka sering lupa beberapa hal yang penting untuk dilakukan. Untuk itu maka kita butuh pengingat agar kita tidak melewatkan aktivitas atau sesuatu hal yang penting yang ingin kita lakukan.

Saya sendiri termasuk orang yang sedikit pelupa juga. Bukan hanya tentang sesuatu hal yang tidak menarik bagi saya, tetapi saya agak sulit mengenali wajah seseorang apalagi yang agak mirip. Agak aneh tetapi memang demikian, maka saya terkadang kalau bertemu kawan yang sepertinya saya kenal saya agak takut menyapa. Bukan sekali dua kali saya salah tegur orang karena masalah ini, inginnya beramah tamah dengan kawan malah dapat malu hehe. Dan untuk hal ini sepertinya saya belum dapat solusinya. Karena agak pelupa juga maka jika saya memiliki rencana sesuatu misalnya saja berbelanja maka saya membuat daftar di hp atau di kertas.

 
Beberapa cara sederhana sebagai pengingat sbb :
  • Tuliskan di kertas 
Hal yang paling mudah dan paling sering dilakukan adalah cara ini, maksudnya termasuk saya juga. Tinggal catat hal yang ingin kita lakukan, kita bawa, atau kita beli dan tempelkan di tempat - tempat yang gampang kita lihat. Selain ditempel juga bisa kita lipat dan simpan di dompet atau di tas.
  • Tulis di Ponsel
Cara kedua dengan menuliskannya di ponsel. Hal ini juga sering saya lakukan, ketika ponsel ikut kemana - mana maka otomatis kita tidak kelupaan membawanya. Selain itu lebih praktis tanpa perlu kertas dan pulpen. Cukup ketik di pesan dan kita simpan sebagai konsep, atau menggunakan aplikasi yang tersedia di ponsel pintar semacam agenda di kalender atau yang lainnya. 
  • Alarm
Cara sederhana selanjutnya cukup sering kita lakukan. Semisal kita hendak melakukan hal penting seperti minum obat, pergi kuliah atau hendak pergi kemana dan takut telat maka kita bisa menggunakan alarm manual di jam meja atau di ponsel kita.
  • Catat di buku agenda
Cara sederhana selanjutnya juga sering saya gunakan yaitu mencatatnya di buku agenda kecil yang sering kita bawa kemana - mana. Segala hal penting yang sekiranya kita lupa catatlah disini sehingga kita akan kembali membacanya ketika kita terlupa.
  • Sampaikan kepada kawan atau orang lain
Seandainya kita sudah melakukan beberapa hal di atas tetapi kita masih saja terlupa. Alangkah baiknya jika kita sampaikan pada seorang kawan atau salah satu anggota keluarga agar mengingatkan kita. Ingatan dua orang mungkin lebih baik daripada satu orang. Hal ini juga sering saya lakukan jika saya tidak sempat menulis di kertas di ponsel atau menuliskannya di buku agenda. 
  • Meletakkan barang tidak pada tempatnya
Cara selanjutnya ini sesekali saya lakukan, memang agak aneh tetapi cukup membantu. Jika waktunya sangat mendesak beberapa tips diatas belum sempat kita lakukan maka hal ini bisa dicoba. Saya biasa meletakkan segala sesuatu pada tempatnya ( bingung mencari jika tidak pada tempatnya ) bukan berarti saya rapi juga hehe, dan dengan meletakkan salah satu barang nyeleneh tidak pada tempatnya maka saya akan ingat bahwa saya harus melakukan sesuatu. Misalnya saja boneka anak saya yang biasanya jadi kawan tidurnya saya taruh di meja, atau gunting yang biasanya pada kotaknya saya taruh di atas buku dll.

Demikian semoga tips sederhana untuk pengingat ini bisa bermanfaat bagi anda.

16 komentar:

  1. kalo saya selalu dicatat aja Mbak. saya punya catatan kecil sebangsa notes yang bisa buat pengingat apapun yang perlu dicatat biar nggak kelupaan.

    BalasHapus
  2. Konon kata orang LUPA juga berkaitan dengan usia seseora Konon, masih kata orang juga, semakin bertambah usia seseorang, maka daya ingatnya semakin menurun. Lalu apa bedanya antara LUPA dengan TIDAK INGAT ya

    BalasHapus
  3. Pasang alarm Yang selalu aku guna
    dan ingat saya lagi masak apa

    BalasHapus
  4. tipsnya bermanfaat, solusi buat pelupa

    BalasHapus
  5. saya selalu melakukan semua poin yang ada diatas itu...tapi ujung-ujungnya tetep ajah lupa...gimana coba?

    BalasHapus
  6. Pak Zach : setuju pak kemana-mana bawa notes di tas hehe, cara yang lain itu juga sering jadi backup kalau masih lupa juga

    BalasHapus
  7. Pak Asep : hehehe jadi...eh jadi ini faktor usia ya pak,tapi ada juga pak yang masih muda sudah pelupa, tapi kebanyakan faktor usia juga sih, nah itu pak apa bedanya ya ??? ntar pak tak mikir dulu hehe

    BalasHapus
  8. Mbak Anisaayu : sama mbak, alarm yang bikin kaget ini sangat membantu biar masakan tidak gosong, atau buat bangunin sahur hehehe

    BalasHapus
  9. wongcrewchild : makasih mas, silahkan dicoba hihi

    BalasHapus
  10. Mang Lembu : kalau masih lupa coba diingat ingat lagi saja mang hehehe, atau minum ginko biloba eh ..bener gak yaa

    BalasHapus
  11. Tips yang sangat bagus kak, terimakasih

    BalasHapus
  12. Rindu hujan: sama sama, semoga bermanfaat

    BalasHapus
  13. Kalau saya dicatat di agenda atau di ponsel saja.

    BalasHapus
  14. Wahid Sabillah : hehe saya juga begitu, praktis dan paling sering dibawa kemana-mana. Terimakasih sudah berkunjung.

    BalasHapus
  15. Sering lupa bisa berpengaruh terhadap kegiatan harian anda
    atasi dengan meningkatkan kemampuan gelombang otak anda dengan bergabung di :
    www.bakatsuper.com

    BalasHapus
  16. anonim : terimakasih sarannya

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu di sini.