Senin, 01 September 2014

Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) 2014

Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) 2014
Gambar dari Twitter fky26
Gelaran Festival Kesenian Yogyakarta ( FKY ) 2014 telah menjadi agenda rutin di Yogyakarta. Merupakan gelaran FKY ke-26 yang diselenggarakan pada tanggal 20 Agustus 2014 sampai dengan 9 September 2014. Gelaran panggung kesenian dari panggung Kleringan di bantaran kali Code yang menyuguhkan berbagai aksi kesenian hingga ke Plasa Pasar Ngasem. Di Plasa Pasar Ngasem terdapat pasar seni yang menyediakan berbagai hasil karya seni seperti lukisan, aneka kerajinan tangan seperti tas, kaos, hingga pernak pernik dll. Kita juga bisa mencicipi berbagai makanan di pasar Kangen dan gelaran kesenian di panggung Pasar Seni, hingga pemutaran bioskop pada sore hingga malam hari.


Info mengenai FKY dapat anda lihat di twitter resmi FKY @fky26. Dapat juga anda lihat gelaran info berbagai kegiatan DO Rame Rame DOLAN di Pasar Ngasem di www.infofky.com. Pada Minggu 31 Agustus 2014 sore kemarin juga dilaksanakan Parade Bregada Yogyakarta yang diikuti oleh 42 kelompok masyarakat. Terdiri dari berbagai kelompok masyarakat dengan pakaian unik dan meriah lengkap dengan senjata khas masing - masing seperti layaknya prajurit keraton. Acara ini juga dalam rangka menyemarakkan peringatan Hari Keistimewaan Yogyakarta. Start dari Kantor Gubernur komplek Kepatihan Malioboro menuju Alun - Alun Utara Yogyakarta melalui sepanjang jalan Malioboro.

Di Plasa Pasar Ngasem anda akan disambut tatanan gapura depan yang unik dengan deretan caping warna warni yang di susun dan deretan bambu yang ditata rapi. Di bagian dalam dekat Panggung pasar seni ada sebuah hasil karya dari bambu yang unik yang menyala dengan lampu dan bagian ini juga sering dipakai untuk berselfie pengunjung seperti pada gapura depan.

Ah iya, selain gelaran FKY ada juga pameran buku di Gedung Mandala Bhakti Wanitatama. Gelaran pameran buku di sini juga merupakan event rutin. Dapat anda ikuti mulai tanggal 30 Agustus 2014 kemarin hingga tanggal 7 September 2014. Kebetulan saya dan keluarga juga sudah beberapa kali datang ke pameran buku ini. Tidak sekedar pameran buku dari berbagai penerbit yang ada tetapi juga diskusi buku, art performent di panggung luar gedung dll. Buku - buku dengan diskon hingga 70% bisa anda dapatkan dan borong di sana. Bahkan biasanya pameran buku ini juga melibatkan stand berbagai busana muslim dan aneka stand makanan. Meskipun pameran buku kali ini saya lihat agak lebih sepi dari sebelumnya, mungkin karena ada berbagai acara lain seiring FKY.

Sepertinya hiruk pikuk berbagai gelaran seni dan budaya di kota kami tercinta Yogyakarta, tidak terpengaruh dengan tingkah polah seorang mahasiswi bernama Florence Sihombing kemarin. Bagi kami Yogyakarta tetap istimewa aman dan nyaman seperti biasanya. Siapa yang ramah kepada kami maka kami juga ramah kepada siapa saja yang tinggal di kota ini.

Demikian semoga info berbagai kegiatan di kota kami dapat bermanfaat.

2 komentar:

  1. Pastinya seru ya mbak aksi acaranya.. selain ada pentas seni di tambah ada sale buku plus jajanan kulinernya... mungkin kalo di jakarta.. mirip2 PRJ kali ya :)

    BalasHapus
  2. budi purnomo : iya pak tetapi kalau PRJ lebih besar dan lebih luas, pamerannya juga berbagai produk perusahaan besar bukan semata seni dan kerajinan, mungkin kalau PRJ agak agak mirip gelaran event yang di JEC kalau di Yogyakarta

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu di sini.