Jumat, 22 Agustus 2014

Udang Tumis Kangkung

Udang Tumis Kangkung
Udang Tumis Kangkung

Sekilas Tentang Udang

Udang adalah bahan makanan yang bisa kita dapatkan dengan mudah. Jenisnya pun beragam, dari udang laut hingga udang air tawar. Jenis yang sering saya temui Udang Galah, Udang Jerbung, Udang Pancet atau windu, dan udang air tawar biasa yang kecil - kecil. Udang dibudidayakan di tambak - tambak hingga ditangkap langsung dari habitatnya baik di sungai atau di laut. Jika di sungai biasanya mereka menetap dan bersembunyi di celah - celah bebatuan, atau di pinggir sungai yang airnya lebih tenang. jika di laut biasanya mereka bersembunyi di karang seperti Lobster. Bagi sebagian orang udang bisa menjadi penyebab alergi yang hebat. Dari alergi yang berupa bentol gatal kemerahan hingga sesak nafas dan akibat fatal lainnya. Sayang sekali sepertinya makanan seenak itu bisa menyebabkan alergi di tubuh kita.

Masakan Udang

Udang bisa di masak apa saja, mau digoreng, ditumis, dibakar atau dijadikan campuran atau isi bagi makanan lain semisal Dim sum, Siomay, Bakwan dll. Sebagai contoh masakan Udang Tumis Kangkung di atas. Bahannya cukup udang ( bisa udang apa saja ) dan kangkung. Bumbunya sederhana saja, bawang merah, bawang putih, merica bubuk, daun jeruk, serai ( jika suka ), garam, gula secukupnya, cabai rawit ( sesuai selera ). Memasaknya seperti tumis pada umumnya. 

Sebelum udang dimasak ada baiknya dibersihkan dulu. Biasanya dan lebih baik bagian kepala dibuang saja, karena dibagian kepala ini tempat kotoran udang. Dari info yang pernah saya baca juga ada zat yang berbahaya ( biasanya membuat pusing ) pada bagian kepala dan punggungnya. Selain itu bagian kepala banyak sungut - sungut yang keras dan tajam juga. Bagian punggungnya setelah kulit kerasnya kita kupas sebaiknya kita belah sedikit disitu akan ditemukan seperti benang berwarna hitam atau putih memanjang yang harus kita tarik dan keluarkan. Sebenarnya memasak udang dengan mengupas akan memudahkan saat kita menyantapnya, tetapi menurut saya akan membuat udang lebih cepat matang dan juga mengurangi rasa udangnya. Sering juga saya temui udang yang dimasak masih dengan utuh kepala dan kulit kerasnya. Di supermarket ada pula udang yang dijual sudah berupa udang kupas sehingga memudahkan para ibu yang hendak memasaknya.

Udang termasuk bahan makanan yang harus dimasak cepat juga. Maksud saya jangan terlalu lama ketika memasaknya. Seperti cumi jika dimasak terlalu lama akan mengeras dan mengerut. Rasanya juga menjadi tidak sedap lagi.

Oke demikian sekilas tentang udang dan masakan udang sederhana ini, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu di sini.