Jumat, 22 Agustus 2014

Nila Masak Kuning

Nila Masak Kuning
Nila Masak Kuning

Suka Ikan

Saya dan keluarga termasuk suka masakan yang berbau ikan. Terlebih tempat kami dekat dengan para peternak ikan air tawar. Dahulu sebelum pindah kesini, kami lebih suka mengkonsumsi ikan laut. Tetapi setelah ikan air tawar hidup / segar bisa kami beli dengan mudah di peternak ikan, maka kami lebih suka mengolah ikan air tawar. Sekalian mencintai lingkungan dengan mengurangi ikan laut yang notabene makanan pinguin ( hehe efek liat film tentang pinguin emperor ). Lebih baik kita memakan makanan / ikan yang diternakkan dari pada menangkap ikan dari alam / laut, bukankah kita tidak memeliharanya kenapa kita dengan sembarangan menangkapnya.

Ikan air tawar hidup juga sangat beragam, ikan Nila, ikan Patin, ikan Lele, ikan Emas, ikan Gurami, Belut, bahkan ikan sungai seperti Wader, ikan Gabus, dll. Semua itu banyak dan mudah kita dapatkan. Harganya juga lebih murah daripada di supermarket, jika kita membelinya di peternak langsung, selain itu masih segar dan sehat.

Nila Masak Kuning

Masakan ikan jika bosan digoreng begitu saja, bisa pula dibakar atau dibikin masakan berkuah. Salah satunya masakan Nila di atas.

Mudah saja ikan Nila kita bersihkan, lalu potong sesuai selera atau mau utuh juga bisa, lantas digoreng sebentar. Siapkan bumbu seperti bawang merah ( bawang merah biasanya jarang saya masukkan bumbu halus, biasanya saya iris dan saya tumis saja), bawang putih, kemiri, kunyit, jahe, merica, garam dan sedikit gula. Tumis bawang merah, masukkan bumbu halus dan jika sudah harum masukkan daun jeruk, serai dan irisan cabai hijau. Tambahkan air sedikit, sedikit perasan jeruk nipis atau air asam jika suka. Setelah meletup - letup masukkan ikan tadi, masak sebentar hingga bumbu menyerap, angkat siap dihidangkan.

Sekedar tips sederhana, ikan air tawar mudah rontok dagingnya jika hendak dimasak berkuah, lebih baik goreng terlebih dahulu agar tidak rusak dan lebih awet ( tidak mudah basi ) karena matang dengan baik. Untuk mengurangi rasa amis, sebelum digoreng bisa juga diperasi air jeruk atau asam biar tidak amis. Selain itu kata kakak saya lebih kering dan tidak hancur. Jika hendak dimasak digoreng begitu saja tambahkan ketumbar pada bumbunya, agar ikan hasilnya kering atau krispi, tetapi jeleknya membuat minyak sisa penggorengan agak keruh atau kecoklatan. Jika ikan disimpan di freezer baiknya ditunggu hingga ikan tidak beku lagi, ketika digoreng dalam keadaan dingin ikan kurang krispi dan lebih lama waktu menggorengnya. Demikian semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu di sini.