Selasa, 12 Agustus 2014

Madig Madig

Bagi yang pandai atau pintar bahasa Jawa pasti faham maksud judul di atas. Ada satu dua masalah dengan kosa kata bahasa Jawa saya yang sedikit memusingkan. Termasuk kata 'Madig Madig' itu yang saya semula tak faham maksudnya apa. Istilah yang aneh menurut saya. Semoga saya juga tidak salah menuliskannya, karena mencarinya di Google juga sulit hehe. Mungkin karena begitu luas dan banyaknya kosa katanya. 


Ketika sebuah status saya baca : 
"Madig- Madig..."
Ini maksudnya apa? sebuah nama tempat, nama seseorang atau suatu istilah yang saya tidak tahu. Dan ketika saya konfirmasikan kepada seorang teman, ternyata itu bahasa Jawa. Woalah, saya tinggal dimana selama ini sampai merasa belum pernah mendengar orang menyebut kata itu. Atau mungkin suatu waktu saya perlu membeli kamus bahasa Jawa. Yang lebih memusingkan sebenarnya jika sudah menyangkut bahasa Jawa dari Ngoko hingga ke Krama Madya, Krama Inggil dll haduuuh...saya nyerah. 

Hal ini juga berimbas pada saat saya harus mengajari pelajaran bahasa Jawa pada anak saya, sama- sama bingungnya hehe. Dan kelucuan terjadi ketika hasil tesnya ternyata salah seperti :
"Pak tani nandur pari ing..."
Jawaban : Ing Pacul
Kami berdua hanya tertawa membaca jawaban anak kami.

Apakah hanya saya sendiri yang kurang begitu faham bahasa Jawa? atau adakah kawan bloger yang sama seperti saya kurang begitu faham dengan bahasa Jawa yang rumit itu? Bagaimanapun Bahasa Jawa juga salah satu kekayaan budaya kita yang patut kita jaga. Semoga anak cucu kita masih selalu menjaganya.


6 komentar:

  1. wah, kalo di daerahku sih, bukan "madig-madig" sob,
    tapi "modag madig" itu artinya org yg sibuk kesana sini gak keruan...
    mungkin sama artinya kali ya... :D

    BalasHapus
  2. nandur pari ya ing sawah...
    itu artinya, "Pak Tani menanam padi di....."
    :D

    BalasHapus
  3. Penghuni 60 : sepertinya berbeda mas, kalau modag madig memang itu artinya, kalau madig madig bukan itu artinya :)

    BalasHapus
  4. Amazing Sphere : seharusnya memang begitu, tetapi jawabannya masih salah anak saya karena kurang begitu tahu bahasa jawa hihi

    BalasHapus
  5. Apakah madig madig dalam bahasa Indonesia?

    BalasHapus
  6. Mr Anonymous : hehe menurut anda apa?

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu di sini.