Rabu, 25 Juni 2014

TIPS SEDERHANA MENGATASI MASALAH RUMAH

Rumah dan Masalahnya

Rumah merupakan tempat yang diharapkan nyaman dan rapi serta bersih untuk semua penghuninya. Tak bisa dihindari selalu muncul masalah - masalah kecil yang terkadang tetap mengganggu penghuni rumah. Misalnya kerusakan disana sini, kotor ataupun berbagai masalah lainnya. Ibu rumah tangga tidak tergantung pada bantuan suami atau orang lain semisal tukang kayu atau orang yang ahli dalam hal itu. Kita bisa mulai mengatasi masalah kecil itu dengan sedikit saja dibantu alat sederhana yang ada di rumah kita. 


Beberapa tips sederhana 

Tips mengatasi rayap pada perabot kayu
Sediakan minyak tanah dan sedikit minyak sereh, aduk rata dan oleskan atau siramkan ke bidang yang berayap tersebut. Tunggu kering dan ulangi hal tersebut beberapa bulan kemudian. Bau sereh yang tajam tidak disukai rayap. 

Tips mengatasi kusen pintu yang berayap
Sediakan semen putih secukupnya, bisa di beli di toko bahan bangunan campur dengan air hingga rata. Oleskan atau tutup bagian yang berlubang di kayu pintu bagian bawah tempat rayap masuk ke kayu. sebelumnya bersihkan tanah rayap di kayu hingga bersih baru bahan semen itu di tutupkan. Tunggu kering maka rayap tidak mampu menembus lagi. Biasanya ini terjadi disaat pemasangan kusen pintu yang kurang rapi sehingga masih ada bagian yang terbuka dan terhubung dengan tanah atau pasir di bawah.

Menyuburkan tanaman hias dengan cara sederhana
Tanaman hias terkadang butuh perawatan ekstra jika ingin tampil menarik dan indah. Tetapi kita tidak cukup punya waktu untuk sekedar menyiangi rumput menyuburkan tanah atau memotong dahannya. Jika kita tidak sempat membeli pupuk bisa kita coba dengan ampas teh untuk menyuburkannya. Caranya mudah siramkan saka ampas teh yang dingin ke akarnya maka tumbuhan hias anda akan lebih subur.

Membersihkan termos yang berkerak
Termos jika kualitas air kurang bagus maka akan meninggalkan kerak kecoklatan. Cara membersihkan mudah saja ambil segenggam beras dan masukkan ke termos tersebut tambahkan air secukupnya, kocok- kocok dan bilas bersih. Ulangi beberapa kali hingga benar- benar bersih.

Membersihkan selang yang kotor 
Selang yang sudah cukup lama dipakai biasanya akan berlumut atau kotor. Cara membersihkan cukup mudah. Siapkan kerikil kecil atau bata merah dihancurkan, masukkan ke dalam selang dan aliri air. Lumut atau kotoran dalam selang akan terbawa keluar kerikil tersebut. Ulangi hingga benar-benar bersih.

Mencegah langas pada perabotan dapur
Biasanya ketika kita memasak maka akan meninggalkan langas (bahasa jawa-angus). Cara sederhana mengatasi hal itu dengan mengoleskan sabun colek pada perabot seperti panci wajan dll. Ketika mencuci bekas perabotan masak tersebut maka langas lebih mudah dibersihkan.

Tips mencegah kecoa masuk rumah
Kecoa bagi saya sendiri adalah binatang paling menakutkan. Cara mencegah binatang ini masuk rumah adalah dengan kapur semut. Beli kapur semut yang harganya cukup murah, kemudian buatlah garis disetiap pintu masuk bagian bawah karena kecoa biasanya masuk lewat sini. Bisa juga dibuat garis ditempat biasanya kecoa bersembunyi, lakukan di malam hari. Pagi hari silahkan dilihat kecoa akan bergelimpangan mati. Bisa juga di buat garis disekitar tempat sampah maka semut dan kecoa tidak akan mendekatinya.

Tips mengupas bawang merah
Biasanya jika di dapur mengupas bawang merah akan sangat menguras air mata karena pedihnya. Untuk menghilangkan itu maka kita rendam dahulu bawang merah tersebut dengan air, sehingga ketika kita mengirisnya tidak membuat mata jadi pedih.

Tips membuat daging empuk
Jika kita memasak daging agar daging bisa empuk dengan cepat maka berikut caranya. Siapkan daun pepaya dan bungkuslah daging yang telah dipotong-potong dengan daun tersebut. Diamkan beberapa saat kemudian lanjutkan untuk mengolahnya. Bisa juga dengan mengambil buah pepaya yang masih muda kemudian kupas dan cuci bersih, masak bersama dagingnya.

Mengatasi bahaya asap rokok
Sebagai perokok pasif tentu lebih berbahaya dari pada perokok aktif. Terutama bagi anak -anak dengan penyakit pernafasan. Terkadang ada tamu misalnya kawan atau saudara yang membuat rumah berasap rokok. Cara sederhana adalah dengan menanam tanaman lidah mertua atau sanseviera di dalam pot dan diletakkan di dalam rumah.

Demikian saja tips sangat sederhana ini, meskipun sedikit semoga bisa membantu dan bermanfaat.
(Sumber: pengalaman pribadi dan berbagai sumber)

4 komentar:

  1. lengkap sekali penjelasannya cara urus rumah mbak... makasih tipsnya n salam kenal :)

    BalasHapus
  2. tips yang makjleb dan kudu diterapin banget nih...biar tak kasih tau bidadariku ah...saya bagian nontonnya ajah kan?

    BalasHapus
  3. kayanya rayap jadi musuh besar yaaa :D

    ntar dicoba pasudah punya rumah sendiri :D *aamiin :D

    BalasHapus
  4. Indri Lidiawati : sederhana saja kok mbak tipsnya gak ribet, salam kenal juga mbak Indri terimakasih sudah berkunjung.

    Cilembu thea : hehehe silahkan saja pak, hanya tips sederhana kok, iya bantuin dong pak bidadarinya hehe

    Maryam ishmatullah : kok tahu mbak, iya rayap tuh bikin kesel, dimanapun boleh dicoba kok mbak, di kostan, di kontrakan, di rumah ibu bapak juga bisa, amiin juga mbak.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu di sini.